Tangis Penyesalan Penculik yang Sadar Sudah Bikin Malu Keluarga

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 19:45 WIB
Polisi meringkus pelaku penculikan anak di Gresik. Pelaku mengaku menyesali perbuatannnya sambil mengucurkan air mata.
Jumpa pers Polres Gresik (Deny Prastyo Utomo/detikcom)

"Langsung meminggirkan mobilnya, kemudian keluar dari kursi mobil. Kemudian menghampiri, bertanya-tanya kepada anak tersebut. Kemudian (didudukkan) di bagian depan kursi penumpang dan saat berada di perjalanan, si anak berontak dan melarikan diri," imbuh Kusworo.

Beberapa warga yang tahu kejadian tersebut mencoba mengejar pelaku dan melapor ke polisi. Pada saat dikejar oleh warga, mobil yang ditumpangi pelaku terjebak macet karena ada perlintasan kereta api.

"Saat ditangkap warga, pelaku sempat melarikan diri dan saat itu ada mobil patroli. Pelaku kemudian diamankan," lanjut Kusworo.


"Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 83 juncto Pasal 76 F Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan/atau Pasal 328 juncto 330 ayat (1) KUHPidana, dengan pidana penjara paling lama 15 tahun penjara," sambungnya.

Kusworo mengimbau masyarakat tetap tenang. Sebab, saat ini pelaku sudah tertangkap. Selain itu, tawaran yang diterima pelaku dari seseorang di aplikasi MiChat belum tentu benar. Sebab, dari pengakuan pelaku, mereka belum pernah bertemu dan saling menelepon.

"Belum tentu penawaran itu benar, bisa jadi tawaran itu hoaks, tetap waspada dan jangan takut berlebihan," pungkasnya.


(sun/bdh)