Mendag Lepas Ekspor Produk Lokal dan Makanan Beku Senilai USD 8.700.000

Suparno - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 17:22 WIB
mendag ekspor produk makanan beku
Mendag menunjukkan contoh produk yang diekspor (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Ekspor tempe, petai, lele, dan bumbu pecel dilepas oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Produk lokal itu diekspor bersamaan dengan ekspor produk makanan beku produksi salah satu pabrik di Sidoarjo.

Tujuan ekspor adalah Amerika Serikat, Jepang, Eropa, Korea Selatan dan sejumlah negara lain.

Pelepasan ekspor produk makanan beku dan produk lokal ini diberangkatkan secara simbolis oleh Agus dari PT Sekar Bumi Sidoarjo. Ada ada 65 kontainer 40 feet yang menapung produk ekspor ini.

Nilainya mencapai USD 8.700.000. Jenis makanan yang diekspor bervariasi seperti udang, ebi furai, ebi katsu, bakso ikan, siomay, hakau dan spring roll. Sementara produk lokal tanah air adalah tempe, petai, lele, dan bumbu pecel.

"Kami gembira dan salut dengan ekspor yang dilakukan perusahan ini. Kami berharap ekspor akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang," kata Agus usai pelepasan ekspor, Jumat (31/1/2020).

Senada dengan Mendag, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak mengaku bangga karena produk Sidoarjo bisa menembus pasar dunia. Bahkan produk-produk itu dipasarkan di sejumlah supermarket ternama.

"Saya juga ikut bangga, best performance exporter ternyata ada di Sidoarjo," kata Emil.

Sementara Presdir PT Sekar Bumi Harry Lukmito mengatakan selain dari Sidoarjo, ekspor juga dilakukan dari pabrik lain di Cikupa, Tangerang dan Pasuruan, Jatim. Tahun ini ekspor akan ditingkatkan melebihi tahun lalu yang nilainya mencapai USD 131.908.713.

"Sejak didirikan menjadi pabrik pengolahan dan eksporter pada 1973 , kami sudah menyumbang devisa lebih dari USD 2 miliar," tandas Harry.

(fat/iwd)