Pengungkapan Kasus Ayah Perkosa 2 Putri Kandung Butuh 6 Bulan, Kenapa?

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 17:52 WIB
M (51), ayah yang memperkosa dua putri kandung/Foto: Adhar Muttaqin

Calvijn menambahkan, selama ini kedua korban mendapat pendampingan langsung dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Trenggalek, guna pemulihan kondisi psikologinya.

"Kami bersyukur dari pendampingan Dinsos, kedua korban bisa komunikasi dengan baik dan dapat memberikan keterangan kepada penyidik," imbuhnya.

Menurut Calvijn, sebelum dilakukan proses penyidikan, kedua korban sempat ditangani di rumah aman oleh Dinas Sosial selama enam bulan. Saat ini para korban telah dikembalikan ke pihak keluarga untuk menjalani kehidupan normal.


Jadi, terangnya, kasus pemerkosaan terhadap dua anak kandung ini tercium secara tidak sengaja saat tim kejiwaan Puskesmas dan Dinas Sosial melakukan penanganan dugaan gangguan jiwa yang dialami korban.

Dari proses pendampingan dan trauma healing, tim Dinas Sosial curiga jika kedua perempuan itu depresi akibat terdampak tindak asusila yang dilakukan ayah kandungnya. Kasus itu akhirnya dilakukan penanganan oleh aparat kepolisian dan tersangka diamankan untuk diproses secara hukum pada Januari 2020.

Halaman

(sun/bdh)