Tiga Rumah Semi Permanen di Surabaya Terbakar

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 11:57 WIB
Kebakaran rumah di Surabaya (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Kebakaran melanda pemukiman padat di Surabaya. Sebuah rumah semi permanen di Jalan Kapasari DKA 3 No 10 ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun dua rumah yang ada di sampingnya ikut ludes terbakar juga.

Kabid Operasional PMK Surabaya Bambang Vistadi mengatakan dua rumah yang terdampak adalah rumah berukuran 3x3 meter dan rumah ukutan 4x12 meter. Adapun rumah semi permanen yang menjadi pemicu kebakaran awal berukuran 6x5 meter terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

"Rumah sampingnya rumah semi permanen yang berukuran 3x3 meter ikut ludes terbakar juga. Kalau satunya hanya atapnya saja," kata Bambang kepada detikcom, Kamis (23/1/2020).

Untuk penyebabnya, Bambang mengaku belum bisa menduganya. Sebab pada saat terbakar rumah sedang tidak ada penghuninya.

"Belum tahu. Karena pas terbakar, rumahnya kosong. Tapi api cepat merembet karena padat dan rata-rata rumah semi permanen dari triplek," tutur Bambang.

Untuk memadamkan api, lanjut Bambang, PMK Surabaya menerjunkan 13 unit damkar. Tak hanya itu 1 unit mobil tangki air milik Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRT) juga diperbantukan.

"Ada 13 unit tadi yang kita turunkan termasuk 1 unit skylift bronto 42 meter dan 1 mobil tangki air DKRT. Ya karena tadi kita kesulitan air pas memadamkannya," ujarnya.

Menurut Bambang, meskipun tidak ada korban jiwa, namun ada satu warga yang terluka karena tertimpa genteng rumah yang terbakar. Warga itu tertimpa saat ikut membantu memadamkan api secara swadaya bersama warga lain.

"Tadi ada ibu-ibu yang tertimpa genting pas ikut memadamkan. Bukan pemilik rumah tapi warga yang spontan ikut memadamkan saja," tukasnya.

"Kena punggungnya tadi atas nama Ibu Soleha. Tapi sudah ditangani PMK dan tidak terlalu parah," tandasnya.

(fat/fat)