KPK Periksa Ibu Eks Bupati Mojokerto Terkait Kasus Pencucian Uang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 20:42 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Penyidik KPK terus menelusuri aset terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diduga dilakukan eks Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP). Salah satunya, penyidik lembaga antikorupsi itu memeriksa ibu kandung MKP, Fatimah.

Pemeriksaan Fatimah digelar di aula Wirapratama Mapolres Mojokerto Kota di Jalan Bhayangkara. Selama ini, ibu kandung Eks Bupati MKP itu menjabat Direktur CV Musika. Yaitu perusahaan pemecah batu milik keluarga MKP.

Fatimah tiba di lokasi pemeriksaan sekitar pukul 12.18 WIB. Dia didampingi 3 orang yang juga berkecimpung di CV Musika. Perempuan berjilbab ini meninggalkan ruang pemeriksaan sekitar pukul 16.00 WIB. Sayangnya, dia enggan memberikan komentar kepada wartawan.

Selain Fatimah, penyidik KPK juga memeriksa anggota DPRD Kabupaten Mojokerto Edi Ikhwanto dan seorang kontraktor asal Mojosari, Mojokerto Sarnoko.

Sarnoko mengaku dicecar penyidik terkait tiga hal. Yaitu soal galian C, mobil yang sudah disita oleh KPK dan proyek penerangan jalan umum (PJU). Hal itu penah dia sampaikan ke penyidik KPK saat dia diperiksa beberapa waktu lalu.

"Masih sama seperti dahulu, ini hanya menegaskan saja yakni perkara galian C dan juga soal mobil yang sudah disita oleh KPK," terangnya.

Pemeriksaan KPK di Mapolres Mojokerto Kota berlangsung selama sepekan. Rentetan pemeriksaan ini masih terkait kasus TPPU yang diduga dilakukan mantan Bupati Mojokerto, MKP.

MKP sebelumnya dijerat sebagai tersangka kasus dugaan suap, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dalam kasus TPPU, Mustofa diduga menyimpan secara tunai atau sebagian ke rekening bank miliknya atau perusahaan milik keluarganya, Musika Group. Yaitu CV Musika, PT Sirkah Purbantara, dan PT Jisoelman Putra Bangsa. Modus yang digunakan adalah utang bahan atau beton.

Tonton juga video Ketua KPU Siap Jadi Saksi Kasus Wahyu Setiawan:

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)