Jepang Jajaki Investasi di Selatan Jawa Timur

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 15:27 WIB
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Konsulat Jendral (Konjen) Jepang di Surabaya Tani Masaki saat berkunjung di Trenggalek, mengatakan pihaknya mengunjungi beberapa daerah di pesisir selatan seperti Tulungagung dan Trenggalek untuk melihat langsung potensi yang bisa dikerjasamakan dalam bentuk investasi.

"Kami mendukung dan membantu perusahaan Jepang. Tentu dalam rangka itu, saya ingin mencari dan mengundang investasi dari Jepang
dan bagian selatan pantai di jawa ini salah satu peluang bagi Jepang," kata Tani, Rabu (22/1/2020).

Dalam rangkaian kunjungan ini, pihaknya juga ingin mendengar langsung strategi dan respons dari pemerintah daerah dalam mengembangkan dan optimalisasi kawasan pesisir.

"Kalau ini saya ingin mencari info, mendengar strategi dan menyebarkan ke perusahaan Jepang. (jenis) Investasi tergantung perusahaannya," ujarnya.

Konjen Jepang tersebut berkeliling ke beberapa spot potensi investasi, seperti pelabuhan niaga, kawasan instalasi budidaya air laut serta ke kawasan konservasi mangrove Cengkrong.

Sementara Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin, mengatakan penjajakan tersebut merupakan salah satu respons dari program Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pengembangan kawasan selatan Jatim.

"Pak Tani ingin melihat langsung potensi perikanan, logistik jalur laut, ekonomi kreatif lewat pariwisata, dia ingin mengajak mitra swasta yang ada di Jepang untuk kerja sama lebih erat dengan Indonesia," kata Arifin.

Pihaknya mengaku memiliki berbagai program untuk memudahkan investasi lokal maupun luar negeri masuk ke Trenggalek. Salah satunya dengan melalukan lelang investasi.

"Kita siapkan lahan-lahan yang siap kita kerjasamakan lelang investasi. Memberi kemudahan pajak dan perjanjian kerjasama yang menguntungkan mitra dan masyarakat," ujarnya.

Pihaknya mengklaim Trenggalek memiliki potensi alam yang cukup besar untuk dikembangkan melalui program investasi. Terlebih saat ini akan segera dibangun beberapa infrastruktur pendukung di Trenggalek dan sekitarnya, seperti jalur lintas selatan, bandara hingga exit tol.

"Adanya infrastruktur itu akan memberikan dukungan terhadap pengembangan kawasan, maupun investasi," imbuhnya.

Bupati berharap, masukknya investasi di Trenggalek akan berdampak langsung terhadap kemajuan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

(fat/fat)