Penjual HP Catut Nama Jokowi Ditangkap

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 20:29 WIB
Pria asal Probolinggo ini jual HP online catut nama Jokowi hingga AHY (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Seorang pria asal Probolinggo, M Mirza (27) mencatut nama Presiden Joko Widodo saat berjualan HP secara online. Dia juga mencatut nama Kaesang Pangarep dan sejumlah politisi lainnya.

Modus ini dilakukan Mirza agar lebih dipercaya pembeli. Selain itu, Mirza mengaku modus yang dilakukan selama setahun ini cukup diminati masyarakat hingga handphone yang dijualnya laris manis.

"Ini ide dari diri sendiri. Karena hapenya memang benar dikirim, agar laku akhirnya saya mencatut nama Pak Jokowi, saya meminta maaf sebesar-besarnya," kata Mirza di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (21/1/2020).

Selain mengaku menjadi Jokowi, Mirza juga kerap mengaku sebagai Kaesang, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga politisi Demokrat lainnya seperti Marzuki Alie.


"Saya minta maaf pada Pak Marzuki Alie, minta maaf sama Pak Presiden Jokowi," imbuhnya.

Usai ditangkap polisi, Mirza mengaku menyesal. Dia berjanji tak akan mengulangi perbuatannya. Namun, Mirza juga menegaskan jika dirinya tidak terlalu menipu karena handphone yang dijualnya juga sampai ke alamat pembeli.

"Iya saya tanggung jawab, saya benar kirim hapenya tapi salah pakai nama presiden supaya laku. Handphonenya ini beli di konter," lanjut bapak dari seorang anak ini.


Sementara itu, Polisi menyebut selama setahun, Mirza telah menjual 6 handphone. Rinciannya ada 4 handphone yang telah dikirim ke amat pembeli, sedangkan dua handphone masih hendak dikirim.

"HP selama ini yang sudah jual itu ada enam, terus yang empat sudah terkirim, dua mau dikirim," ungkap Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Atas aksinya, Mirza terancam hukuman penjara maksimal 12 tahun karena melanggar pasal 35 junto pasal 51 ayat 1 UU no 19 tahun 2016 tentang ITE. Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti handphone, uang, hingga screenshot chatting Mirza kepada pelanggan. (hil/iwd)