PAN Jatim Siap Ikuti Rekom Amien Rais

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 20:09 WIB
Rakerwil III PAN Jatim (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Menjelang kongres PAN yang dijadwalkan bulan Februari mendatang, DPW PAN Jatim telah menentukan suara. Pilihan ini dengan mengikuti rekomendasi dari pendiri PAN, Amien Rais.

Sebelumnya, diketahui telah ada beberapa kandidat yang maju menjadi calon ketua umum (caketum). Antara lain Mulfachri Harahap yang didukung Amien Rais, lalu petahana Zulkifli Hasan (Zulhas), dan yang baru mendeklarasikan, yaitu Asman Abnur.

Sekretaris DPW PAN Jatim Basuki Babussalam memaparkan keputusan ini tercipta usai digelarnya rekerwil beberapa waktu lalu. Dalam keputusan tersebut, mendukung Mulfahri sebagai Caketum dan Hanafi Rais sebagai sekjen

"Tanggal 12 Januari 2020 kemarin DPW PAN Jatim sudah menyelenggarakan rapat kerja wilayah, tempatnya di hotel ShangriLa. Salah satu putusan resmi rakerwil Jatim dalam kongres yakni mengikuti fatwa Bapak Amien Rais, mendukung pasangan Mulfahri Harahap calon ketua umum dan Hanafi Rais calon Sekjen," papar Basuki kepada detikcom di Surabaya, Selasa (21/1/2020).

Basuki menambahkan keputusan yang diambil ini bukan tanpa alasan. Hal ini karena Amien Rais merupakan sosok yang luar biasa bagi PAN Jatim.


"Karena Jawa Timur menjadi spesial bagi pak Amien Rais, karena sejak perjuangan reformasi, perjuangan pak Amien Rais luar biasa di Jawa Timur," imbuhnya.

Dari kongres PAN ini, Basuki berharap siapapun pemimpin yang terpilih untuk nahkodhai PAN, merupakan sosok yang bisa mewadahi generasi milenial. Karena, ke depannya akan terjadi politik generasi baru.

Selain itu, Basuki juga menyoroti tantangan politik ke depan semakin berat, karena adanya Electoral threshold atau ambang batas parlemen. Hal ini harusnya menjadi pemacu untuk menatap program-program yang disiapkan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Ini kan ada masa transisi perubahan yang luar biasa, ini generasinya saya kira generasi yang berbeda. Kita menginginkan ke depan PAN mampu hadir menjadi jawaban atas politik generasi baru sehingga PAN bisa mereposisi dirinya," harap Basuki.


Di kesempatan yang sama, Basuki juga berharap seluruh kandidat Caketum bisa memaparkan arah kebijakan partai lima tahun ke depan. Dia juga ingin transisi kepemimpinan ini berlangsung dengan baik.

"Bicara soal harapan ada beberapa yang tentunya kita inginkan, karena ini kan lembaga permusyawaratan yang diberi kekuatan legal untuk kemudian menyampaikan arah kebijakan selama 5 tahun ke depan. Harapan pertama kita ingin ini menjadi transisi kepemimpinan yang baik transisi dari seluruh perjalanan panjang sejak 21 tahun yang lalu untuk lalu untuk 5, 10 hingga 15 tahun yang akan datang," lanjut Basuki.

"Karena itu kami berharap permusyawaratan itu kongres ini bisa memberi arah yang pas, kemudian kebijakan-kebijakan yang baik agar kemudian bisa menata dan memberikan batu pijakan pada partai kita dan menjadi pondasi yang hebat untuk partai," pungkasnya.



Tonton juga video Amien Rais Sebut PAN Tak Akan Ganggu Jokowi Sampai 2024:

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)