Salat Istikarah Mantapkan Pengusaha Perempuan Ini Nyalon Bupati Kediri

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 23:31 WIB
Foto: Andhika Dwi Saputra
Kediri - Di antara nama bakal calon Bupati Kediri yang ada, menyeruak sebuah nama seorang perempuan pengusaha. Adalah Yekti Murih Wiyati yang merasa terpanggil demi membangun dan mengembangkan pembangunan Kabupaten Kediri.

Perempuan 44 tahun ini berencana maju dalam bursa pemilihan Bupati Kediri melalui jalur partai politik, untuk sementara melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Yekti mengaku awalnya ia belum tertarik menjadi calon bupati, namun setelah memohon petunjuk kepada Tuhan melalui Salat Istikarah, ia pun mantap maju. Terlebih ada dukungan warga Kabupaten Kediri baik secara langsung maupun tidak langsung melalui perwakilan yang menemui dirinya.

"Awalnya saya belum tertarik menjadi Bupati Kediri, namun setelah mendapat dukungan dari masyarakat dan Salat Istikarah, saya mantap dan berniat maju menjadi calon Bupati Kediri," ucap Yekti kepada detikcom, Senin (20/1/2020).


Saat disinggung mengenai program dan rencana tentang pencalonan diri menjadi Bupati Kediri, Yekti mengaku akan mepermudah akses dan proses masuknya investor untuk membuka usaha di Kabupaten Kediri. Serta akan mempercepat proses pembangunan bandara di Kediri. Hal ini karena latar belakang dia sebagai seorang pengusaha.

"Program saya adalah mempermudah akses investor melakukan kegiatan ekonomi di Kabupaten dan mempercepat pembangunan bandara, ini semua demi kemajuan Kabupaten Kediri, sekaligus soal wakilnya saya lihat nanti saja kalau bisa yang gesit dan tangkas," kata Yekti.

Perempuan yang dikaruniai 4 orang anak ini memiliki latar belakang seorang pengusaha kopi luwak di Kabupaten Kediri. Perempuan yang lahir di Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri ini baru saja terpilih menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Kediri periode 2019-2024.


Hingga saat ini ada sejumlah nama yang muncul menjadi calon kuat Bupati Kediri, mereka adalah, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri Drs. Mujahid, Kepala Desa Tarokan Supadi, Pengusaha Kediri M. Insaf Budi Wibowo, Wakil Bupati Kediri Masykuri, dan pengusaha Ridwan.

Jika sesuai rencana, pelaksanaan Pilbup serentak akan digelar di 19 daerah Jawa Timur pada 23 September 2020 mendatang. (iwd/iwd)