Cerita Penjaga Rumah Pompa Pantang Pulang Demi Surabaya Tak Banjir

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 13:52 WIB
Petugas rumah pompa Gunungsari bersihkan sampah (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Pemkot Surabaya memiliki 59 rumah pompa. Rumah pompa ada yang memiliki 6 hingga 8 pompa. Sehingga ditotal, ada sebanyak 204 pompa. Petugas rumah pompa atau operator sebanyak 250 orang dilengkapi petugas pembantu.

Salah satunya Rumah Pompa Gunung Sari 2, misalnya. Sejak musim hujan, 6 pompa dioperasikan untuk menyedot air hujan. Namun jika tidak hujan, rumah-rumah pompa itu tetap dirawat sehingga saat dibutuhkan berfungsi secara maksimal.

"Setiap hari harus ready, apalagi saat musim hujan begini. Selain itu melakukan pengecekan mesin pompa-pompa yang ada di rumah pompa ini," kata salah satu operator, Didik Purwanto menceritakan kegiatan sehari-sehari kepada detikcom di lokasi, Jumat (17/1/2020).

Didik menambahkan dirinya dan beberapa petugas di rumah pompa Gunungsari 2, intens menjaga rumah pompa. Pasalnya, saat musim hujan volume air meningkat.


"Di sini ada petugas khusus mengurus teknisnya. Selain itu ada operator yang harus tahu kondisi mesin di rumah pompa masing-masing. Jadi setiap hari dicek semuanya," ujar Didik.

Didik pun menceritakan saat hujan, Rabu (15/1) lalu pihaknya sudah menyiapkan rumah pompa untuk dinyalakan. Apalagi, saat itu cuaca mulai mendung pekat. Dan tak lebih dari 2 jam air yang ada di Mayjen Sungkono surut.

"Ya kemarin cuaca mendung kita sudah ready. Apalagi pesannya bu wali jauh-jauh hari agar semua siap-siap dan berjaga Jadi saat mendung rumah pompa sudah ready," ungkap Didik.


Simak Juga Video "Sidak Anggota DPRD DKI Temukan Pompa Bermasalah"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2