Pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap Konsultasi Publik

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 10:13 WIB
Pemprov Jatim dan Pemkab Banyuwangi sosialisasi ke warga (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Rencana pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) di Banyuwangi, memasuki tahap konsultasi publik untuk pengadaan lahan. Untuk keperluan itu, Pemkab Banyuwangi bersama Pemprov Jatim intens melakukan sosialisasi kepada ratusan warga yang tanahnya terdampak pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.

Sosialisasi dilakukan secara bertahap mulai Selasa-Kamis (14-16/1/2020) di beberapa titik, yaitu di Kecamatan Wongsorejo dan Kalipuro.

"Konsultasi publik ini merupakan tahapan proses pengadaan tanah. Semoga prosesnya berjalan lancar sehingga pembangunan Tol Probowangi di Banyuwangi bisa segera dikerjakan, bisa semakin mempercepat ekonomi daerah," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikcom, Jumat (17/1/2020).

Dalam paparan bersama para kepala daerah se-Indonesia beberapa waktu, lanjut Anas, pemerintah pusat juga menempatkan jalur tol ke Banyuwangi sebagai salah satu prioritas pembangunan.


"Terima kasih kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi, yang terus mendorong geliat ekonomi Banyuwangi, salah satunya melalui pembangunan jalan tol," imbuh Anas.

Saat ini, pembangunan seksi I Tol Probowangi di Probolinggo telah rampung dikerjakan. Selanjutnya, akan disusul pembangunan seksi II di Situbondo dan seksi III di Banyuwangi setelah proses pembebasan lahannya tuntas.

Dia menjelaskan Pejabat Pembuat Kebijakan Pengadaan Tanah Jalan Tol Probowangi Seksi III, Pungki Enggar, pembangunan Tol Probowangi di Banyuwangi akan memiliki panjang 32,26 KM. Membentang dari Desa Bajulmati Kecamatan Wongsorejo hingga Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro.

"Kebutuhan lahannya sekitar 248 Hektare. Melintasi 2 kecamatan, yakni kecamatan Wongsorejo dan Kalipuro. Selain lahan warga, jalan tol ini juga akan menggunakan lahan Perhutani," terang Pungki.
Selanjutnya
Halaman
1 2