59 Rumah Pompa dan 111 Genset Siap Halau Banjir di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 18:08 WIB
Rumah Pompa di Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya - 59 Rumah pompa yang tersebar di berbagi titik wilayah Kota Surabaya dipastikan dalam kondisi terawat. Jika cara kerja pompa itu 50 persen, maka segera diganti yang lebih baik hingga bisa bekerja 100 persen.

"Kalau sarana prasarana di Surabaya kita sudah punya rumah pompa 59. Insyaallah kondisinya bagus. Kan Bu Wali itu, kalau dalam kendala banjir itu sangat-sangat konsen. Sehingga pompa-pompa yang efisiensinya misalkan tinggal 50 persen, tahun kemarin saja sudah diganti semua. Tahun kemarin aja lebih dari 22 lokasi yang ditambah pompa baru," kata Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020).

Erna menambahkan dari 59 rumah pompa, ada yang memiliki 8 pompa dan ada yang memiliki 5 pompa. Sehingga dari 59 rumah pompa, total Pemkot Surabaya memiliki 204 pompa.


Selain memiliki 59 pompa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga menambahkan peralatan genset di setiap rumah pompa. Hal ini untuk mengantisipasi listrik padam.

"Itu belum gensetnya ada 111 unit. Itu back up jika listrik mati. Karena kita harus menyadari bahwa sebagus apapun pompa kita, kalau lampu mati, listrik mati dalam hitungan 10 menit saja, air naik dan kalau sudah sampai 1 jam sudah pasti tergenang. Itu sudah diantisipasi bu wali dengan pengadaan genset-genset di rumah pompa itu," lanjut Erna.

Dia menjelaskan yang tidak kalah penting yakni sampah. Terkadang pompa sudah bagus dan genset sudah oke, namun masih ada sampah. Maka petugas yang sigap saat hujan angin dan daun-daun berjatuhan bisa menyumbat saluran, harus dibersihkan.


"Tapi tidak kalah penting kadang pompa sudah sip, Insyaallah genset oke, kalau ada hujan disertai angin, daun berjatuhan itu langsung menutup ke tangkapan air, sudah banyune (Airnya) nggak bisa masuk ke saluran. Itu sering kejadian. termasuk di Mayjed Sungkono kemarin, selain Vida (Kawasan Darmo Park) juga sempat ada daun-daun menghalangi pintu air. Tapi Kalau tidak segera ditangani juga susah, beruntung ada dinas kebersihan yang tanggap. Banyak faktor penangangan genangan. Insyaallah secara sarana prasarana siap," tandas Erna. (fat/fat)