Di Mana Para Pengendara yang Kena e-Tilang Surabaya Bisa Konfirmasi?

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 18:21 WIB
Posko Gakkum di Mal Pelayanan Publik Siola/Foto: Deny Prastyo Utomo

"Lebih cepat, lebih detail dan informasinya lebih valid. Lebih tahu kesalahan seperti apa itu," imbuh Dwi.

Dwi menerima surat pemberitahuan dari kepolisian melalui Kantor Pos, tiga hari setelah pelanggaran dilakukan. "Saya Minggu malam melanggar, Selasa turun suratnya," imbuh Dwi.

Sementara BKO Satlantas Polrestabes Surabaya AKP M Suud mengatakan, uji coba dilakukan mulai 4-15 Januari oleh RTMC atau Ditlantas Polda Jatim. Rata-rata, polisi mengirimkan seratus surat konfirmasi ke pelanggar per hari.


"Kenapa dibilang lembar konfirmasi, karena di situ ada lembar bentuk pelanggarannya. Kemudian mobil yang dikirim itu belum tentu pengemudinya (pemiliknya) makanya namanya lembar konfirmasi. Makanya yang mendapat surat konfirmasi diharapkan datang di pelayanan ETLE Gakkum di Siola. Di situ nanti kita akan melakukan pembuktian berupa foto maupun video yang ada di rekaman CCTV itu," kata M Suud.

Suud menambahkan, dalam uji coba ini pihaknya masih belum memberlakukan blanko tilang. Namun saat ini blangko yang diberikan kepada masyarakat ialah bangklo teguran.

"Setelah bukti kita ambil, mereka menerima pelanggaran itu. Nanti waktu pelaksanaan ya kita tilang. Tapi selama uji coba ini kita gunakan blangko teguran. Diharapkan masyarakat yang kena blangko teguran ETLE ini, masyarakat bisa ikut bersosialisasi ke keluarganya, temannya, kerabatnya, bahwa ETLE di Surabaya bisa dilaksanakan," pungkas M Suud.
(sun/bdh)