Gempa M 4,8 di Malang Sempat Hentikan Aktivitas Warga Blitar

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 05 Jan 2020 07:26 WIB
Foto: Istimewa
Blitar - Gempa bumi berkekuatan M 4,8 berpusat di Malang dirasakan hingga Blitar. Namun guncangan pukul 05.55 WIB sekitar satu detik itu sangat terasa hingga membuat banyak warga sontak terkejut.

Data BMKG menyebut, gempa pagi ini terletak pada koordinat 8.73 LS dan 112.50 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 KM BaratDaya Kabupaten Malang-Jawa Timur pada kedalaman 10 KM.

"Hanya satu kali tapi besar sekali. Saya pikir tempat tidur saya seperti anjlok turun," kata Tika, warga Sananwetan kepada detikcom, Minggu (5/1/2020)

Gempa ini sempat menghentikan pengajian di musala sebuah perumahan. Begitu guncangan terjadi, jemaah yang sedang membaca Al Quran langsung menghentikan membaca.

"Apa ini....gempa ya," tanyanya spontan.


Namun menyadari tidak ada gempa susulan, pengajian kembali dilanjutkan. Informasi yang beredar, gempa dirasakan mulai Blitar Kota merata hingga wilayah selatan dan utara Kabupaten Blitar.

Aktivitas warga terhenti sebentar begitu guncangan datang. Apalagi cuaca sedang hujan. Mereka baru menyadari jika gempa begitu ada warga lain membuat status di WA.

BMKG Karangkates menyebut, gempa juga dirasakan di Sawahan-Nganjuk, Tempursari-Lumajang II MMI dan Karangkates-Malang III MMI.

Gempa bumi yang terjadi jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia.

Hingga pukul 06.10 WIB, hasil monitoring BMKG tidak terdapat gempa susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (fat/fat)