Sushi Sepanjang 3,3 Meter Berbentuk Naga Ramaikan Tahun Baru di Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 19:13 WIB
Sushi 3,3 meter berbentuk naga (Foto: Ainur Rofiq)
Tuban - Ada berbagai cara yang dilakukan pengusaha kuliner untuk merayakan momen akhir tahun dan menyambut tahun baru 2020.

Seperti yang dilakukan salah satu resto dan kafe ala Jepang di Tuban. Pengelola kuliner ini membuat sushi dengan panjang 3,3 meter berbentuk naga.

Pemilik Mychiko Modern Japanese Restaurant, Any Herawati, mengaku sengaja membuat sushi sangat panjang ini karena sebelumnya ada resto di Jatim yang membuat sushi dengan panjang 2 meter.


"Sengaja kami buat sushi berbentuk ular naga ini sebagai wujud perayaan pergantian tahun 2020. Sebelumnya ada yang buat sushi dengan panjang 2 meter di Jawa Timur, kini kami di Tuban membuat dengan panjang 3,3 meter," ujar Any kepada detikcom, Selasa (31/12/2019).

Dituturkan oleh Any, untuk membuat sushi panjang ini, dibutuhkan sekitar 25 kg beras, 10 kg ayam potong, serta belasan kilogram sayur dan buah-buahan.

Nasi roll tersebut dibuat semirip mungkin dengan menu aslinya dari Negeri Sakura, baik dari segi tampilan maupun rasa. Pembuatnya adalah koki khusus yang pernah belajar langsung dari Jepang.


"Yang paling menantang itu bagaimana membuat nasi gulung ini agar panjang dan tahan lama," kata Any.

Setelah proses pembuatan selesai, sang koki memodifikasi sushi menjadi seekor naga. Lengkap dengan sisik naga yang dibuat dari buah mangga dan strawberry.

Selanjutnya makanan khas Negeri Matahari tersebut dibagikan kepada seluruh pengunjung dan warga secara gratis. (fat/iwd)