Bangunan SD Retak, Dinas Pendidikan Trenggalek Rekomendasikan Pengosongan

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 18:58 WIB
Tembok SD di Trenggalek retak-retak (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - SD Negeri Melis, Trenggalek ikut terdampak pergerakan tanah. Akibatnya tiga ruang kelas mengalami retak-retak di dinding dan lantai.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Trenggalek, Eko Juniati mengatakan tiga ruang kelas tersebut dinilai cukup mengkhawatirkan. Sebab terjadi retakan pada dinding bagian bawah hingga atas.

"Kalau menurut kami cukup mengkawatirkan, makanya lebih baik tidak digunakan dulu untuk proses belajar mengajar," kata Eko saat dikonfirmasi, Sabtu (28/12/2018).


Dari hasil inventarisasi bangunan, beberapa kelas lain kondisinya masih cukup layak dan bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Sedangkan terkait rencana pengosongan ruang kelas yang rusak, pihaknya memastikan telah tersedia kelas lain yang bisa dijadikan alternatif pengganti.

"Untuk kelasnya memang sampai enam, hanya saja ruang kelas yang tersedia ada delapan, sehingga nanti bisa ditata lagi terkait adanya persoalan ini," ujarnya.

Sebelumnya, 16 bangunan di Desa Melis, Kecamatan Gandusari, Trenggalek mengalami retak-retak akibat pergeseran tanah. Retakan bangunan terjadi pada dinding san lantai. Dua rumah saat ini dikosongkan sementara waktu lantaran kondisinya mengkhawatirkan.


Tonton juga Fenomenal! Hujan Es Guyur Trenggalek di Hari Natal :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)