Peringati Hari Jadi ke-248, Banyuwangi Gelar Festival Kuliner Lokal

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 12:41 WIB
Festival kuliner khas Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Festival kuliner khas Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Banyuwangi akan merayakan Hari Jadi pada 18 Desember mendatang. Serangkaian acara digelar untuk memperingati Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) yang ke-248.

Salah satunya festival kuliner makanan khas Banyuwangi. Festival tersebut tersebut digelar hingga 18 Desember mendatang. Festival ini dibuka langsung Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko pada Sabtu (14/12) malam.

"Festival kuliner ini selain untuk mempromosikan makanan khas Banyuwangi, juga sebagai wadah bagi pengusaha kecil kuliner untuk memasarkan masakan terbaik dan kreativitas mereka," kata Yusuf kepada wartawan.

Festival ini nyaman untuk dikunjungi pengunjung sambil bersantai atau berkumpul bareng keluarga. Kios makanan pun ditata dengan menarik menggunakan bahan-bahan alam yang terbuat dari bambu dan rumbai-rumbai dedaunan sebagai atapnya.


Kursi-kursi berbahan bambu juga disediakan bagi pengunjung yang hendak mencicipi makanan di sana. Beraneka menu masakan khas Banyuwangi dijual para penjaja di sana. Mulai nasi geseng entok, pecel pitik, ayam kesrut, botok wader hingga berbagai olahan uling (sidat-red).

"Kami ingin setiap event yang diselenggarakan pemkab memberikan multiplier effect. Kami ajak para pelaku usaha kecil untuk terlibat dalam setiap event untuk menjemput peluang yang ada," imbuh Yusuf.

Dalam pembukaan festival, hadir pula Ipuk Fiestiandani, istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan istri Wabup Yusuf. Mereka tampak menikmati kuliner uling yang dijajakan oleh pelaku usaha sentra kuliner di Dam Limo Kecamatan Tegaldlimo.


Tonton juga Kemeriahan Parade Seni Budaya di Festival Kuwung Banyuwangi :


Selanjutnya
Halaman
1 2