Jenazah TKI Asal Trenggalek yang Dibunuh di Malaysia Dipulangkan

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 21:25 WIB
Peti jenazah korban pembunuhan TKI asal Trenggalek di Malaysia/Foto: Istimewa
Peti jenazah korban pembunuhan TKI asal Trenggalek di Malaysia/Foto: Istimewa
Trenggalek - Pemerintah memulangkan jenazah Ilyas Setiawan, TKI asal Desa Parakan, Trenggalek yang menjadi korban pembunuhan di Serawak, Malaysia. Jenazah akan tiba di Trenggalek pada Jumat (13/12) sore.

"Informasi yang kami terima, hari ini jenazah diberangkatkan dari Kuching ke Tededu, kemudian dilanjut dari Entikong ke Pontianak melalui jalur darat dengan diangkut ambulans," kata Kabag Protokol dan Rumah Tangga Setda Trenggalek Triadi Atmono, Kamis (12/12/2019).

Rencananya, jenazah akan diterbangkan dari Pontianak ke Surabaya pada Jumat besok menggunakan pesawat Lion Air JT837 pada pukul 12.00 WIB. "Perkiraan akan tiba di Juanda sekitar pukul 13.45 WIB dan nanti akan dilanjutkan ke rumah duka di Trenggalek dengan ambulans," imbuhnya.


Sebelumnya, Ilyas ditemukan tewas bersimbah darah di perkebunan kelapa sawit di Serian, Serawak, Malaysia. Pada leher korban terdapat luka sayatan sepanjang 9 sentimeter.

Dari penyelidikan, Kepolisian Diraja Malaysia menangkap pembunuh Ilyas. Tersangka tidak lain rekan kerjanya sendiri yang berinisial H asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).


"Polisi Diraja Malaysia Sudah menangkap pelaku, saat ini sedang dilakukan pendalaman. Tersangka berinisial H, sama-sama WNI," jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri.

Pembunuhan tersebut diduga dipicu persoalan sederhana, yakni giliran memasak di tenda pekerja kebun sawit. Saat ini tersangka telah ditangkap oleh kepolisian setempat guna menjalani proses hukum lebih lanjut. (sun/bdh)