Telkomsel Pastikan Anti Lelet di Natal dan Tahun Baru

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 21:09 WIB
Foto: Muhammad Aminudin
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Telkomsel menggelar roadshow Naru 2019 menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Dengan mengusung tema 'Nyalakan Semangat Baru' Telkomsel memastikan jaringan 4G aman dan menambah kapasitasnya.

"Kami masih pada 4G saat ini, tapi dengan 4G Telkomsel, kualitas terjamin, stabil, dan kami pastikan aman. Kami juga akan tambah kapasitasnya. Pokoknya kami jamin aman, dan tidak drop, terutama pada malam pergantian tahun baru. Di pusat keramaian akan kami siapkan lebih kapasitasnya," ujar Director Sales Telkomsel Ririn Widaryani di sela roadshow Naru 2019 di Transmart MX Mall Jalan Veteran, Kota Malang, Kamis (12/12/2019).

Ririn mengatakan optimalisasi kebutuhan layanan dasar komunikasi seperti internet menjadi prioritas pada Natal dan Tahun Baru 2020 nanti.

Sementara jaringan 4G Telkomsel yang corerage-nya sudah jauh di seluruh Indonesia akan terus diperbaiki.


"Akan kami tambah kapasitas, terutama di daerah lintasan atau jalur wisata, tempat ibadah, dan puncaknya nanti di malam tahun baru. Penambahan kami lakukan di titik-titik yang berpotensi padat saat Natal atau Tahun Baru," imbuhnya.

Dikatakan, jaringan untuk jalur-jalur yang berpotensi padat, seperti tol Jakarta-Malang dipastikan aman.

Hal ini agar pelanggan dapat berkomunikasi dan menggunakan data seluler dengan lebih nyaman melalui BTS mobile, atau BTS permanen dan menambah kapasitasnya.

"Penambahan kapasitas untuk di tol itu sudah kami tambah sejak libur anak sekolah. Termasuk di terminal, bandara, stasiun, itu sudah mulai kami siapkan," katanya.

"Dari pengalaman tahun lalu, tol Jakarta-Surabaya sudah beroperasi, itu untuk Natal dan Tahun Baru serta Lebaran, itu sama trafiknya. Ada kenaikan signifikan," sambungnya.


Ririn menambahkan, ada perbedaan perilaku dibanding tahun lalu. Sebagian besar pelanggan mempunyai kebutuhan data lebih besar. Sehingga dilakukan penambahan kapasitas, terutama pada saat Natal dan Tahun Baru.

Telkomsel mencatat ada kenaikan dari tahun ke tahun untuk penggunaan data sebesar 70 persen. "Sementara jika hari normal kenaikan hanya 20 persen saja," kata Ririn.

"Level kebutuhan pelanggan sekarang jauh lebih tinggi dibandingkan dulu. Dengan banyak pelanggan suka berbagi foto, video dan lainnya. Itu kebutuhan yang jauh lebih tinggi," ujarnya.

Rangkaian program roadshow Naru 2019 akan ditutup dengan pengecekan jaringan. Hal itu untuk memastikan seluruh pelanggam dapat menikmati jaringan terdepan dan terluas dari Telkomsel.

Optimalisasi seluruh elemen jaringan dilakukan di 533 titik dengan menyediakan 82 unit compact mobile base station (Combat) atau BTS mobile pada titik-titik komunikasi terpadat. (iwd/iwd)