Mahasiswa Tolak Lapindo Ngebor Lagi di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 15:34 WIB
Saat puluhan mahasiswa salah zuhur berjemaah di sela-sela demo/Foto: Suparno

Pihaknya kembali mengingatkan bahwa peristiwa eksploitasi tersebut sangat merugikan masyarakat. Hal ini dinilai bahwa Sidoarjo tidak sedang dalam keadaan baik-baik saja. Pengeboran dirasa bisa menimbulkan bencana lumpur Sidoarjo jilid II.

"Kami menolak pengeboran yang dilakukan PT Minarak Lapindo Jaya Inc. Menolak terjadinya eksploitasi di Sidoarjo. Dan berharap memperketat aturan eksploitasi di Sidoarjo," jelas Immawan.

Mereka menghentikan orasinya saat mendengar azan salat zuhur. Bahkan para mahasiswa IMM melakukan salat berjemaah di jalan depan kantor Pemkab Sidoarjo.


Setelah salat berjemaah. Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin menemui mereka. Usai mendapat penjelasan dari wakil bupati, para mahasiswa membubarkan diri dengan tertib.

Menurut Nur Achmad, pihaknya mengapresiasi mahasiswa di Sidoarjo yang telah menyampaikan aspirasinya tentang perizinan eksplorasi. Aspirasi para mahasiswa terbilang logis karena musibah yang terjadi 13 tahun lalu membuat banyak masyarakat trauma.

"Suara mahasiswa itu lazim, kami mengharapkan masalah ini dilakukan adanya forum atau pertemuan yang resmi. Suara mahasiswa itu benar-benar akan kami perhatian. Demi kebaikan Sidoarjo. Yang jelas akan ada forum dan duduk bersama untuk membahas eksploitasi tersebut," pungkas Nur Achmad.
Halaman

(sun/bdh)