Polres Malang Sabet Penghargaan WBBM

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 12:03 WIB
Saat Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan menerima penghargaan/Foto: Istimewa
Malang - Polres Malang dinobatkan sebagai Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Penghargaan itu sebagai bukti komitmen Polres Malang membangun zona integritas dengan meningkatkan kualitas pelayanan serta bebas korupsi.

Penghargaan diterima langsung Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung di Bhirawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Acara dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Polres Malang merupakan satu dari lima polres di Indonesia yang berhasil meraih predikat WBBM dari Kemenpan RB. Penghargaan WBBM yang diberikan merupakan capaian lebih lanjut dan lebih tinggi setelah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada 2018.

Kapolres Malang AKBP Yade SetiawanKapolres Malang AKBP Yade Setiawan Foto: Istimewa


Sebulan lalu, Polres Malang juga meraih penghargaan pelayanan publik dengan nilai tertinggi yaitu A kategori pelayanan prima dari Menpan RB, yang hanya berhasil diperoleh 6 polres di Indonesia.

Ada enam komponen yang menjadi pertimbangan penilaian untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM dari Kemenpan RB. Yakni manajemen perubahan, penataan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain itu, dua komponen lain turut dipertimbangkan sebagai penilaian adalah indeks persepsi antikorupsi dan indeks persepsi pelayanan publik.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menyatakan, untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM yang diraih ini. Polres Malang sudah membangun zona integritas (ZI) sejak tahun 2017. Dengan membenahi seluruh sektor pelayanan publik dan enam komponen persyaratan yang diwajibkan.

"Pembangunan zona integritas ini juga diselaraskan dengan program penguatan Promoter Kapolri yang dijabarkan di Polres Malang dengan mengusung Program 77 Unggul. Di mana mayoritas berkaitan dengan zona integritas," ujar Yade, Selasa (10/12/2019).


Alumnus Akpol 2000 ini menambahkan, beragam inovasi unggulan dimiliki oleh Polres Malang yang mendukung diraihnya predikat WBK dan WBBM. Antara lain program SIMANIS (SIM Wanita Saja), coaching clinic untuk praktek Surat Izin Mengemudi (SIM), Complain Visiting, 3 in 1 Public Service, Malang E-Policing, Criminal Justice System (CJS) online, Malang Integrated Command Center (MICC), Effective Patrol to Preventing Crime, Zero Complain, serta program-program lainnya.

"Penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Malang sebagai wujud peningkatan kinerja Polres Malang. Penghargaan ini juga milik semua personel Polres Malang yang harus dijadikan cambuk motivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi demi kondusivitas keamanan di wilayah Kabupaten Malang," pungkas Yade. (sun/bdh)