Siap-siap, yang Menikah di Jatim Mulai Tahun 2020 Wajib Tes Narkoba

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 12:15 WIB
Kerjasama Kemenag Jatim dan BNN soal tes narkoba pengantin (Foto: Suparno)
Kerjasama Kemenag Jatim dan BNN soal tes narkoba pengantin (Foto: Suparno)
Surabaya - Bagi calon pengantin di Jatim yang hendak menikah di tahun 2020, siapkan diri untuk melakukan tes narkoba. Rencananya, tes narkoba akan diwajibkan kepada kedua mempelai pengantin mulai Januari 2020.

Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim Moch. Amin Machfud mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi agar salah satu syarat menikah di Jatim ini siap dilaksanakan.

"Kita dalam tahap sosialisasi terus. Kita juga berkolaborasi dengan BNN bagaimana nanti tes narkoba ini bisa terlaksana," kata Amin kepada detikcom di Surabaya, Jumat (6/12/2019).

Selain itu, Amin menyebut pihaknya juga berkoordinasi dengan para kepala daerah, mulai dari gubernur hingga bupati dan wali kota di Jatim.


"Kami menginginkan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini dengan gubernur, DPR, bupati dan wali kota ini nanti akan kita komunikasikan," imbuhnya.

Amin menambahkan tes narkoba ini juga sudah diuji coba di beberapa wilayah. Dia menyebut ada beberapa yang sudah melengkapi syarat nikah dengan melampirkan tes narkoba.

"Kami menargetkan sebetulnya Januari ini sudah mulai. Tapi ini sudah berjalan, ada yang mulai tapi masih parsial. Karena ada yang merespons bagus dan mau tes, tapi ada juga yang ndak mau merespons dan masih berjalan seperti sedia kala," lanjut Amin.


Amin berharap langkah ini bisa mendapat respon positif dari masyarakat. Karena, tes narkoba ini digelar untuk menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba.

"Karena ini adalah niat baik untuk mempersiapkan generasi yang akan datang. Karena kita harus meyakinkan dan memastikan calon mempelai baik laki atau perempuan tidak bermasalah dengan narkoba dan tidak terpapar dengan narkoba," pungkasnya.




Tonton juga video Detik-detik Penggerebekan Rumah Pembuatan narkoba di Pekanbaru:

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)