Sisa-sisa Keraton Majapahit Ditemukan di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 18:43 WIB
Struktur bangunan yang diduga sisa-sisa keraton Majapahit/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Struktur kuno kembali ditemukan di Kabupaten Jombang. Bangunan yang tersusun dari bata merah ini disinyalir sisa-sisa keraton atau istana Kerajaan Majapahit.

Struktur ini ditemukan di lahan galian tanah urug Dusun Kedaton, Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Jombang. Bagian yang sudah tampak di permukaan tanah sepanjang 11 meter.

Bangunan ini membentang dari selatan ke utara. Tingginya 1,3 meter atau terdiri dari 25 lapis bata merah. Setiap bata penyusunnya mempunyai dimensi 32 x 18 x 5 cm.


Kepala Dusun Kedaton Agus Muhaimin mengatakan, struktur kuno ini ditemukan di sawah milik Ali, warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngoro, Jombang. Menurut dia, bangunan ini ditemukan pekerja yang menggali tanah uruk di kedalaman sekitar 2 meter dari permukaan tanah.

"Yang menemukan pertama kali yang menggali tanah uruk yang juga pemilik lahan," kata Agus kepada wartawan di lokasi, Selasa (26/11/2019).

Di sebelah selatan struktur ini juga ditemukan bangunan purbakala berupa pondasi bangunan yang masuk Desa Sugihwaras tahun 2017. Kedua struktur ini letaknya cukup berdekatan. Di area ini banyak ditemukan benda-benda kuno.