Ratusan Busana Ditampilkan dalam Mojobatik Festival

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 21:59 WIB
Mojobatik Festival/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Mojobatik Festival menjadi salah satu rangkaian Mojo Spekta 2019 yang digelar Pemkot Mojokerto. Pameran busana batik ini menampilkan 60 karya pembatik lokal, serta karya sejumlah desainer nasional.

Festival batik ini dibuka dengan penampilan karya desainer internasional Diana Couture. Busana batik karya Diana mengusung tema Garuda. Tidak hanya Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Mojobatik Festival kali ini juga disaksikan istri Wagub Jatim, Arumi Bachsin.

Kemudian disusul busana batik karya perajin lokal Kota Mojokerto. Setidaknya 260 busana karya pembatik lokal ditampilkan dalam festival ini. Para model mulai dari anak-anak hingga remaja dan orang dewasa melenggak-lenggok di atas catwalk.


Tak biasa, karpet merah yang dilalui para model berada di Jalan Majapahit tepat di selatan Alun-alun Kota Mojokerto. Ribuan masyarakat antusias menyaksikan festival batik ini.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau Ning Ita mengatakan, Mojobatik Festival menjadi rangkaian Mojo Spekta 2019. Even ini digelar selama sepekan di Kota Onde-onde dengan tema 'Sepasar Nyang Kutho Mojokerto'.

"Mojo Spekta kami gelar di Bulan November karena bulannya Majapahit. Sesuai dengan konsep Kota Mojokerto menjadi kota pariwisata dengan spirit of Majapahit," kata Ning Ita kepada wartawan di lokasi, Sabtu (23/11/2019).

Tak sekadar menghibur warganya, menurut Ning Ita, Mojobatik Festival diharapkan meningkatkan kreativitas para pembatik lokal. Selain itu, even ini juga untuk mengenalkan batik khas Kota Mojokerto, yaitu Sisik Gringsing Berudeng. Pihaknya pun berjanji bakal memberikan pembinaan kepada para perajin untuk meningkatkan kualitas batik mereka.

"Agar batik yang sudah dihasilkan para perajin kita bisa didesain menjadi busana elegan dan layak untuk ditampilkan ke level nasional dan internasional," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2