Mobil Layanan Kesehatan Layani Ribuan Warga di Pelosok Desa Banyuwangi

Mobil Layanan Kesehatan Layani Ribuan Warga di Pelosok Desa Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 11:25 WIB
Mobil Layanan Kesehatan (Foto: Ardian Fanani)
Mobil Layanan Kesehatan (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi mengapresiasi Mobil Layanan Kesehatan (MLK) milik operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, PT Bumi Suksesindo (BSI) Banyuwangi. Sepanjang tahun 2019, MLK telah melayani ribuan warga di Kecamatan Pesanggaran dan Siliragung.

Total hingga sampai saat ini sebanyak 7.800 orang telah ditangani MLK ini. Penanganan kesehatan ringan secara gratis ini cukup membantu masyarakat yang kesulitan mengakses layanan kesehatan karena jauh atau keterbatasan sarana transportasi.

"Kami mengapresiasi adanya Mobil Layanan Kesehatan yang berada di wilayah Selatan Banyuwangi. Sangat membantu masyarakat," ujar dr Widjilestariono, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi kepada wartawan, Jumat (22/11/2019).

Jangkauan yang luas ke pelosok desa, membuat manfaat dari MKL dirasakan oleh masyarakat. Bahkan, saat ini kehadiran MKL dinanti, meski hanya sekedar mengecek kesehatan masyarakat.


"Tentu ini sangat membantu pemerintah dalam memberikan ketersediaan kesehatan," pungkasnya.

Sementara itu, Senior External Affairs PT Bumi Suksesindo (BSI), Sudarmono mengatakan, dalam setiap operasinya, MLK selalu bekerja sama dengan Puskesmas setempat untuk memastikan pelayanannya tepat sasaran. Yaitu, warga yang kesulitan mengakses layanan kesehatan karena jauh atau keterbatasan sarana transportasi.

"Sejak awal, keberadaan mobil ini memang untuk mendukung kinerja pemerintah (Puskesmas) dalam memberikan layanan kepada masyarakat," imbuh Sudarmono.


MLK beroperasi setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Tempat pelayanannya berpindah-pindah dari satu kampung ke kampung lainnya. Area operasinya adalah wilayah Kecamatan Pesanggaran dan Siliragung.

Jadwal dan tempat pelayanan ditetapkan bersama pihak Puskesmas. Pada saat pelayanan, petugas dari Puskesmas juga turut hadir.

"Dengan cara ini, kami berharap layanan kesehatan semakin meningkat. Sehingga, kualitas kesehatan masyarakat juga semakin baik," pungkas Sudarmono.




Tonton juga video MoU CT ARSA dan PDGI: Beri Layanan Kesehatan Gigi Masyarakat:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/iwd)