detikNews
Jumat 22 November 2019, 11:14 WIB

Bocah Yatim Piatu Ini Putus Sekolah Sejak Idap Empat Jenis Kanker dan Tumor

Amir Baihaqi - detikNews
Bocah Yatim Piatu Ini Putus Sekolah Sejak Idap Empat Jenis Kanker dan Tumor Bocah yatim piatu penderita kanker dan tumor (Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Kondisi wajah Muhammad Riqi (9) yang terserang tumor dan kanker memaksanya putus sekolah sejak dini. Padahal, saat ini, bocah yatim-piatu itu seharusnya kelas II SD.

Siti Layinah (35), pendamping Riqi selama berobat di Surabaya, mengatakan sebenarnya Riqi sempat masuk pendidikan anak usia dini (PAUD). Namun, karena larangan sekolah dari pengasuhnya almarhum Mbah Yuhani, Fiqi terpaksa tidak lagi masuk PAUD lagi.

"Iya, pernah. Dulu sekitar tahun 2017, kalau nggak salah, pernah sekolah 2 hari apa 3 hari sekolahnya ke saya sendiri. Saya kan juga ngajar di PAUD. Saya ngajar di TK. Kalau nggak salah nggak sampai 1 minggu si mbahnya itu nggak mau si Riqi ini sekolah," kata Siti, yang juga Kepala Dusun Srampon, Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi, saat ditemui detikcom di Rumah Kita, Jalan Karang Menjangan, Surabaya, Jumat (22/11/2019).


Menurut Siti, Mbah Yuhani, neneknya, melarang Riqi bersekolah karena sering diejek oleh teman-teman. Padahal, menurut Siti, hal itu tidak benar.

"Katanya ditertawakan oleh temannya. Padahal itu tidak. Mbahnya ini sendiri yang nggak mau. Aslinya anaknya semangat-semangat saja," tutur Siti.

Karena Riqi mendapat larangan dari Mbah Yuhani, pihak PAUD tidak bisa berbuat apa-apa. Siti bertekad, jika nanti Riqi sembuh, akan mengajaknya lagi sekolah. Sebab, seandainya bersekolah sejak awal, Riqi kini sudah kelas II SD.


"Karena dilarang, akhirnya ya nggak sekolah. Saya sendiri kan tidak enak. Mau ajak Riqi sekolah itu ndak bisa karena mbahnya nggak mau. Ya nantilah kalau Riqi sudah enakan bisa dilanjutkan lagi sekolahnya. Kalau sekarang seharusnya sudah kelas II SD," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com