Papan Skor Digital Canggih Sudah Terpasang di GBT

Papan Skor Digital Canggih Sudah Terpasang di GBT

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 19:27 WIB
Papan skor digital yang telah terpasang (Foto: Istimewa)
Papan skor digital yang telah terpasang (Foto: Istimewa)
Surabaya - Pemkot Surabaya terus merevitalisasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) demi bisa menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Salah satu proges terbaru adalah papan skor digital yang sudah terpasang di tribun sebelah utara.

Dari pantauan detikcom, papan skor digital berukuran 6x12 meter itu bermerek Seiko. Saat ini sejumlah pekerja masih melakukan proses finishing dan uji coba papan skor digital yang baru saja dipasang.

Kepala Bappeko Eri Cahyadi mengatakan pemasangan papan skor digital di Stadion GBT ini menggunakan anggaran 2019.

"Ini memang menggunakan anggaran tahun 2019, selain itu 2019 ada juga yang penambahan lampu dan pengecatan luar GBT," kata Eri kepada detikcom, Kamis (21/11/2019).

Eri mengatakan anggaran APBD 2019 yang digunakan sekitar Rp 7 miliar melalui proses lelang. "Tapi kalau lelang pasti karena anggaran lebih dari Rp 200 juta," ujar Eri.


Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santoso mengatakan papan skor digital ini didatangkan dari Jepang.

"Papan skor digital berukuran 6x12 meter ini sudah mengunakan teknologi modern. Dilengkapi dengan tiga camera CCTV yang bisa menjangkau seluruh sudut stadion," kata Edi.

Edi menjelaskan papan skor digital itu terkoneksi dengan tiga CCTV berpiksel tinggi. Ada tiga camera yang terpasang di sudut stadion yakni di tribun VIP, tribun timur, dan tribun barat. Ketiga camera tersebut bisa menjangkau pergerakan suporter di setiap tribun.

"Kamera ini memiliki jangkauan zoom CCTV mencapai 30 kali optical zoom atau sekitar 30 meter lebih," ungkap Edi.

"Nantinya jika ada kejadian di setiap sudut tribun bisa rekam dan terpantu dan langsung tersimpan diserver. Sehingga kerusuhan bisa langsung terdekteksi," ujar Edi.


Selain itu, nantinya CCTV di Stadion GBT juga dilengkapi dengan aplikasi face recognition. Sehingga bisa langsung di tampilkan di papan skor digital (scoring board).

"Saat terekam datanya langsung terkoneksi dengan data e-KTP. Selain itu, CCTV di stadion juga bisa dipantau Command Center 122 di Siola," tandas Edi.

Daripantuan detikcom, di stadion GBT sudah disiapkan ruangan khusus operator papan skor digital yang terkoneksi dengan CCTV Face Recognition. Selain untuk mengatur papan skor selama pertandingan mereka juga memantau ulah suporter yang bertindak anarki. (fat/iwd)