detikNews
Kamis 21 November 2019, 10:44 WIB

Pemkab Banyuwangi Optimalisasi Program dengan Operator Tambang Emas

Ardian Fanani - detikNews
Pemkab Banyuwangi Optimalisasi Program dengan Operator Tambang Emas Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi bersama dengan operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran, PT Bumi Suksesindo (BSI) menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat (PPM). Kegiatan ini menyelaraskan program antara Pemkab dan perusahaan tambang emas.

Kegiatan yang digelar di Hotel Santika Banyuwangi ini, dihadiri Asisten administrasi pembangunan dan Kesra Suyanto Waspotondo, Camat Pesanggaran Sugiyo Dermawan, perwakilan dinas-dinas dan lima kepala desa se-wilayah Kecamatan Pesanggaran juga hadir.

Para peserta ini duduk bersama membahas pelaksanaan PPM PT BSI yang telah berlangsung sejak 2012 hingga 2018. Tujuannya adalah untuk mensinergikan program-program perusahaan dengan program-program pemerintah agar dampak dan manfaatnya semakin besar dirasakan oleh masyarakat.

"Tujuannya adalah untuk mengevaluasi program-program yang telah berjalan agar ke depannya semakin baik," ungkap Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono kepada wartawan, Kamis (21/11/2019).


Forum ini juga menjadi kesempatan bagi para pemangku kepentingan, khususnya dari wilayah Pesanggaran, untuk menyampaikan pandangan dan gagasannya terkait program sosial perusahaan. Mereka secara bergantian menyampaikan pandangan dan gagasannya.

"Hal ini sangat positif karena dapat mengukur efektivitas program dan besaran dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat," imbuh Sudarmono.

Sementara Asisten administrasi pembangunan dan Kesra Suyanto Waspotondo menyambut baik kegiatan FGD ini. Menurutnya, FGD ini Pemkab Banyuwangi dan PT BSI memiliki satu kesepahaman. Bahwa program sosial perusahaan tidak bisa menggantikan atau tumpang tindih dengan program-program dari pemerintah. Program-program tersebut harus saling melengkapi, sehingga sasaran dan akuntabilitasnya jelas.

"Semua pihak berharap setiap program yang dilaksanakan membawa dampak positif bagi masyarakat. Sehingga, dapat menopang kesuksesan pembangunan daerah yang berkelanjutan," ujarnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com