detikNews
Rabu 20 November 2019, 18:41 WIB

Polres Malang Kota Raih Predikat Sangat Baik Dalam Pelayanan Publik dari Kemenpan RB

Muhammad Aminudin - detikNews
Polres Malang Kota Raih Predikat Sangat Baik Dalam Pelayanan Publik dari Kemenpan RB Foto: Istimewa
Malang - Predikat sangat baik diperoleh Polres Malang Kota dalam pelayanan publik. Apresiasi ini diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik.

Penghargaan langsung diberikan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo kepada Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander didampingi dan Kasatlantas AKP Ari Galang Saputro serta Kasat Intelkam AKP M Riza Rahman di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Dony mengatakan prestasi yang diraih tak lepas dari peran serta masyarakat Kota Malang. Hal itu menjadi acuan penilaian terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Polres Malang Kota.


"Tentunya kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Malang, yang telah memberikan penilaian atas pelayanan yang diberikan Polres Malang Kota. Tentunya, ini akan menjadi tantangan, untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Malang ke depannya," ujar Dony kepada detikcom, Rabu (20/11/2019).

Penilaian oleh Kemenpan RB mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Kemenpan RB melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik. Hal ini dilakukan untuk memberikan percontohan bagi unit penyelenggara pelayanan publik, khususnya Polri.


Sehingga dapat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya wilayah Malang Kota.

"Ada 14 komponen standar pelayanan yang terdiri dari, persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya, produk pelayanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan, dasar hukum, sarana prasarana, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jaminan pelayanan, keamanan, keselamatan pelayanan serta evaluasi kinerja pelayanan," pungkas Dony.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com