detikNews
Rabu 20 November 2019, 15:41 WIB

Polres Banyuwangi Naik Status Menjadi Polresta

Ardian Fanani - detikNews
Polres Banyuwangi Naik Status Menjadi Polresta Polres Banyuwangi yang akan berubah jadi Polresta Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Polres Banyuwangi telah berubah status menjadi Polresta (Kepolisian Resor Kota). Pengukuhan Polresta itu menurut rencana digelar Senin (25/11/2019) bersamaan dengan serah terima jabatan (sertijab) kapolresta.

"Khusus Banyuwangi sertijab kapolresta akan dilaksanakan di sini (Banyuwangi) disaksikan seluruh kapolres se-Jawa Timur karena bersamaan dengan pengukuhan Polresta. Ini menjadi momen langka dan istimewa," ungkap AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK kepada detikcom, Rabu (20/11/2019).

Permohonan sertijab, lanjut Taufik, sudah diajukan kepada Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan. Persetujuan pelantikan bahkan telah keluar.

"Rencana Pak Kapolda akan tiba di Banyuwangi pada Minggu (24/11/2019) sore. Pelantikan kita adakan di Mapolresta Banyuwangi," imbuhnya.

Peningkatan status ini tertuang sesuai dalam Surat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Drs Syafruddin, M Si, Nomor : B/849/M.KT.01/2019, tertanggal 18 September 2019. Menpan RB menyetujui peningkatan tipe 14 Polres, salah satunya Polres Banyuwangi.


Hal tersebut semakin jelas dengan dipertegas oleh keputusan Kapolri pada tanggal 2 Oktober lalu.

"Surat keputusan dengan Nomor kep/1892/X/2019 dari pak Kapolri. Yakni statusnya Polres Banyuwangi menjadi Polresta Banyuwangi," kata Taufik.

Seiring perubahan status itu, kursi Kapolresta akan diisi oleh AKBP Arman Asmara Sarifudin. Sedangkan AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK akan menempati posisi yang ditinggal Arman selaku Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadir Reskrimsus) Polda Jatim. Dengan jabatan baru ini, Taufik termasuk perwira menengah dengan posisi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) mantap.

Sejumlah posisi di lingkungan Polresta Banyuwangi turut pula berubah. Sesuai ST-2498 tertanggal 19 November 2019, Banyak sejumlah perwira menengah maupun pertama harus menjalani rotasi posisi.

Wakapolres Banyuwangi Kompol Andi Yudha Pranata pindah ke Polres Tuban. Sementara gantinya masih belum tertuang dalam TR. Sesuai aturan, pengisi jabatan itu harus berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan pernah menjadi kapolres.


Pemegang Kepala Satuan Sabhara AKP Basori Alwi, Kasat Bimbingan Masyarakat AKP Sudarmaji dan Kasat Polairud AKP Subandi harus rela meletakkan posisinya saat ini. Ketiganya menjadi pama Polresta Banyuwangi. Basori digantikan Kompol Mohamad Toha dari Polres Bondowoso. AKP Sudarmaji digantikan Kompol Mustakim, mantan Kabagsumda Polres Banyuwangi yang baru beberapa bulan pindah ke Polda Jatim. Pengganti AKP Subandi adalah AKP Sudarsono.

Kasat Lantas AM Rido Ariefianto bergeser ke Polres Mojokerto dengan jabatan yang sama. Kasat Narkoba AKP Riky Donaire Piliang SIK menempati posisi Kasat Reskrim Polres Sampang. Untuk Kasat Intelkam dan Kasat Reskrim tetap dijabat oleh perwira semula tapi dengan status pejabat sementara (PS).

Sementara, posisi kepala bagian tidak ada yang berubah. Kabagops tetap Kompol Sumartono. Kompol Toha Khoiri tetap di Kabagsumda Polresta Banyuwangi. Untuk Kabagren juga masih dipercayakan kepada Kompol I Ketut Redana.

Ketetapan posisi ini sama di lingkungan polsek. Tak satupun Kapolsek yang bergeser. Dalam TR itu juga memuat puluhan perwira dengan pangkat Inspektur Polisi Satu (Iptu) dan Inspektur Polisi Dua (Ipda) meski pama namun masih tetap dalam jabatan sebelumnya.




Tonton juga video Telat Bayar Utang Fintech, Wanita di Solo Diteror:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com