DPRD Ajak Pemkab Malang Kaji Ulang Perda yang Ganjal Investasi

DPRD Ajak Pemkab Malang Kaji Ulang Perda yang Ganjal Investasi

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 14:18 WIB
Lokasi yang akan dibangun grosir/Foto: Muhammad Aminudin
Lokasi yang akan dibangun grosir/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - DPRD mengajak Pemkab Malang duduk bersama membahas aturan yang mengganjal investasi di Kabupaten Malang. Langkah ini merespons masalah izin pembangunan grosir PT Lotte Grosir yang tidak dikeluarkan pemkab karena terganjal Perda.

"Pemerintah daerah sebagai regulator harus berhati dingin. Begitu juga investor dalam menghadapi persoalan ini. Sebagai langkah awal, kami akan mengundang dinas terkait untuk mencari solusinya," kata Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto kepada wartawan, Rabu (20/11/2019).

Menurut Didik, langkah tersebut untuk mengevaluasi Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang dimiliki. Agar aturan yang diberlakukan tidak bertentangan dengan harapan pemerintah pusat.

"Makanya itu, kami melakukan penyikapan dengan mengundang bagian hukum, perizinan melalui Komisi I. Untuk mengevaluasi Perda-Perda yang harus sesuai perintah Bapak Presiden, bahwa investasi tidak boleh dihambat," imbuhnya.


Ia menambahkan, payung hukum merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jangan sampai, Pemkab Malang sebagai penyedia layanan terjebak oleh peraturan yang dibuatnya sendiri.

Apalagi menyangkut kehadiran investor. Di mana Pemkab Malang tengah membuka ruang bagi mereka untuk mengucurkan modal di Kabupaten Malang.

"Cantolan hukum menjadi hal penting yang harus diperhatikan, kita harus bijaksana. Soal perizinan, satu sisi berkeinginan berikan ruang masuknya investasi. Tapi jangan sampai keberadaan investasi menjebak para pihak. Terutama eksekutif sebagai penyedia layanan oleh aturan yang dibuat sendiri," beber politikus PDIP itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2