Pencemaran Sungai di Trenggalek Diakibatkan Limbah Pemindangan Ikan

Pencemaran Sungai di Trenggalek Diakibatkan Limbah Pemindangan Ikan

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 12:22 WIB
Pencemaran Sungai hasil limbah pemindangan ikan (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Pencemaran Sungai hasil limbah pemindangan ikan (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek - Pencemaran sungai di pesisir selatan Kecamatan Watulimo masih terus terjadi. Beberapa sungai melintasi kawasan pemindangan ikan laut kondisinya cukup parah. Bahkan warna air telah berubah menjadi hitam pekat.

Salah satunya seperti yang terjadi di Sungai Ngemplak Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo. Aliran sungai yang berada di sisi barat Pantai Prigi jauh dari kesan jernih. Kondisinya juga diperparah dengan munculnya bau khas pengolahan ikan. Sungai tersebut bermuara di kawasan Teluk Prigi.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengakui adanya kondisi sungai yang tercemar itu. Menurutnya pencemaran sungai di Pesisir Watulimo rata-rata diakibatkan limbah pengolahan ikan.


"Ini dari pindang bukan konveksi. Jadi siraman air untuk pemindangan (yang dibuang ke sungai)," kata Bupati Mochammad Nur Arifin, Rabu (20/11/2019).

Menurutnya untuk mengatasi persoalan limbah cair tersebut membutuhkan penanganan khusus dan berbeda dibandingkan limbah rumah tangga pada umumnya. Saat ini pemerintah daerah mengaku telah membangun instalasi pengolahan air limbah (Ipal) komunal yang bisa digunakan untuk beberapa pengusaha sekaligus.

"Nantinya para pengusaha (yang melakukan pengolahan di rumah) kami harapkan memiliki semacam bunker untuk menampung air limbah. Selanjutnya air itu dibawa ke Ipal untuk diolah," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2