detikNews
Rabu 20 November 2019, 11:44 WIB

Polisi Bondowoso Ringkus Pembeli BBM yang Gunakan Mobil Modifikasi

Chuk S. Widarsha - detikNews
Polisi Bondowoso Ringkus Pembeli BBM yang Gunakan Mobil Modifikasi 10 pembeli BBM ilegal pakai mobil modifikasi diamankan (Foto: Chuk S. Widarsha/detikcom)
Bondowoso - Polisi menggagalkan upaya pembelian dan pengangkutan BBM secara ilegal. 10 Mobil yang telah dimodifikasi khusus, berhasil diamankan.

Ke-10 mobil yang tengah beraksi tersebut diamankan di sejumlah SPBU wilayah hukum Bondowoso. Mobil berbagai jenis dan merk itu kini diamankan di mapolres.

"Mereka diduga menyalahgunakan pengangkutan dan atau niaga BBM yang disubsidi pemerintah," ungkap Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Jamal, dikonfirmasi di mapolres, Rabu (20/11/2019)

Dia menambahkan para pelaku hingga saat ini masih dalam proses pemeriksaan secara intensif untuk pengembangan. Termasuk, akan ditelusuri hendak dibawa atau disalurkan kemana BBM itu.


"Jika terbukti, pelaku akan kami jerat dengan pasal 55, 53 huruf (b) UU No 22 Tahun 2001, tentang Minyak dan Gas Juncto Pasal 382 KUH Pidana," tandas Jamal.

Data yang diperoleh, ke-10 pelaku berasal dari sejumlah daerah di Bondowoso. Yakni MI (37), warga Tamansari, SO (37) warga Poncogati, MJ (35) warga Binakal, LH (24) warga Poncogati, AS (32) warga Kembang, SI (38) warga Grujukan, HP (36) warga Tamansari, AM (57) warga Wringin, BI (38) warga Wringin, dan MUR (39) warga Sukowono, Jember.

Adapun modus yang digunakan, mereka membeli BBM menggunakan kendaraan pribadi yang sudah dimodifikasi dengan memasang tangki buatan yang terbuat dari plateser. Dengan alat ini, kapasitas BBM menjadi lebih banyak, sekitar 200 liter.

Bahkan dengan mobil yang sudah dimodifikasi itu, para pelaku dapat bolak-balik membeli BBM di sejumlah SPBU yang berbeda dengan tujuan aksi mereka tak akan diketahui.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com