detikNews
Senin 18 November 2019, 17:41 WIB

Angin Kencang Melanda Jember, Pohon Tumbang dan Tiang Listrik Roboh

Yakub Mulyono - detikNews
Angin Kencang Melanda Jember, Pohon Tumbang dan Tiang Listrik Roboh Atap rumah warga ambruk (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Hujan disertai angin kencang terjadi di sejumlah titik di Jember. Peristiwa itu menyebabkan banyak pohon dan ranting tumbang.

Sebagian ada yang menimpa atap rumah dan menghalangi jalan. Selain itu, sebuah tiang listrik juga roboh dan menyebabkan satu wilayah mengalami pemadaman.

Hujan disertai angin kencang itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

"Ada 4 wilayah yang terdampak, yakni di Desa Candijati dan Biting, Kecamatan Arjasa; Desa Patemon, Kecamatan Pakusari; serta Desa Kawangrejo, Kecamatan Mumbulsari," kata Kasi Kedaruratan BPBD Jember Asrah saat dikonfirmasi wartawan, Senin Sore (18/11/2019).

Info sementara yang diperoleh langsung dari Mako BPBD Kabupaten Jember, tim reaksi cepat (TRC) masih melakukan assesment ke lokasi tempat kejadian musibah (TKM).


"Banyak pohon dan ranting tumbang, bahkan di Desa Candijati ada pohon tumbang yang menutup jalan, sekarang masih berusaha dipindah dengan dipotong per bagian. Di Mumbulsari ada tiang listrik juga roboh, dan menyebabkan pemadaman," lanjutnya menjelaskan.

Data sementara yang dihimpun, 18 rumah mengalami rusak ringan, dan 3 rusak sedang.

"Rusak ringan karena tertimpa pohon, 17 rumah di Candijati, 1 rumah di Biting, Kecamatan Arjasa. Sementara rusak sedang 3 rumah yang di Candijati juga. Untuk di Patemon, Kecamatan Pakusari, atap pondok pesantren Soffa Mariah rusak ringan," sebutnya.

"Untuk pohon tumbang di Kawangrejo, Mumbulsari, juga tiang listrik roboh, menyebabkan pemadaman. Saat ini juga sedang koordinasi dengan PLN setempat," sambung Asrah.


Hingga pukul 16.40 WIB, tim TRC BPBD Jember masih melakukan proses assesment, dan membantu warga.

"TRC dibantu relawan bencana, perangkat desa, kecamatan, tagana, potensi TNI, Polri dan dibantu warga masih melakukan proses pembersihan dan asesment," pungkasnya.




Tonton juga video 3 Desa di Kudus Diterjang Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak:

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com