Kebakaran Gunung Lawu Padam, Namun Jalur Pendakian Belum Dibuka

Kebakaran Gunung Lawu Padam, Namun Jalur Pendakian Belum Dibuka

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 17:31 WIB
Pintu pendakian Cemoro Sewu/Foto file: Sugeng Harianto
Pintu pendakian Cemoro Sewu/Foto file: Sugeng Harianto
Magetan - Kebakaran hutan yang melanda Gunung Lawu sisi timur berangsur padam. Meski begitu, jalur pendakian melalui Cemoro Sewu dan Singolangu masih ditutup.

"Untuk jalur pendakian saat ini masih tutup dan belum dibuka sejak kebakaran hutan kemarin. Memang sudah padam tapi ini masih melakukan penyisiran barangkali ada sisa bara yang berasap pada tunggak kayu," terang Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan, Kholil, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (18/11/2019).

Menurut Kholil, saat ini Perhutani masih memastikan bahwa kebakaran hutan benar-benar padam. Dari hasil penyisiran, masih ditemukan kayu yang berasap dan harus dipadamkan secara total.


"Biar padam dulu 100 persen nanti baru dibuka. Khawatirnya nanti masih ada bara pada tunggak kayu yang berasap," imbuhnya.

Kholil menambahkan, jalur pendakian Cemoro Sewu sudah disterilkan dan para pendaki sudah turun semua. Saat kebakaran terjadi mulai Jumat (15/11), ada 53 pendaki di Gunung Lawu. Tujuh pendaki terakhir turun Minggu (17/11).


"Untuk pendaki sudah turun semua dan terakhir kemarin sekitar tujuh infonya," lanjutnya.

Saat ini Perhutani bersama TNI-Polri dan masyarakat masih melakukan penyisiran di hutan Pinus yang ada di Desa Bedagung, Sukowidi dan Ngiliran, Kecamatan Panekan.



Tonton juga video Detik-detik Letusan Gunung Merapi:

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)