detikNews
2019/11/19 07:30:59 WIB

Pria di Banyuwangi Sulap Limbah Kayu Jadi Jam Tangan Rp 450 Ribu

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pria di Banyuwangi Sulap Limbah Kayu Jadi Jam Tangan Rp 450 Ribu Jam tangan kayu/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Seorang pria di Banyuwangi menyulap limbah kayu menjadi jam tangan. Hasil tangan kreatifnya itu kini sudah dijual secara online hingga ke beberapa kota besar.

Fungsi jam tangan tidak hanya sekadar sebagai penunjuk waktu. Saat ini arloji menjelma gaya berpenampilan atau fashion. Tak heran jika sejumlah orang rela menghabiskan uang ratusan juta hanya untuk membeli jam tangan merek ternama agar terlihat lebih modis.

Agar tetap bisa tampil modis meski kantong sedang krisis, jam tangan kayu buatan pemuda asal Dusun Karangasem, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi bisa menjadi alternatif pilihan.


Pria itu bernama Andi Akbar (33). Ia menyulap limbah kayu menjadi barang mewah. Meski terbuat dari kayu bekas, jam tangan kayu yang ia buat memiliki kualitas maupun tampilan yang tidak kalah elegan dari jam tangan pada umumnya.

Jika dilihat dari dekat, jam tangan kayu itu tampak berkilau layaknya jam tangan yang terbuat dari logam. "Ide awal saya lihat-lihat youtube. Terus saya mencoba membuat kerajinan dari kayu ini. Saya pilih limbah kayu karena limbah kayu biasanya dibuang begitu saja atau hanya dibuat kayu bakar. Dari pada dibuang percuma saya buat kerajinan jam tangan. Ternyata memiliki nilai jual yang lumayan," ujarnya kepada detikcom, Selasa (19/11/2019).

Berbagai bentuk jam tangan dibuat sesuai pesanan pelanggan. Saat ini hasil kerajinannya dipasarkan secara online melalui media sosial. Karena masih merintis, usaha jam tangan dari limbah kayu itu dikerjakan sendiri di bengkel kerajinan yang ada di rumahnya.

Untuk menghasilkan kualitas yang bagus, tak sembarang limbah kayu digunakan. Hanya limbah kayu Jati dan Sonokeling saja yang digunakan sebagai bahan baku jam tangan kayu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com