detikNews
Minggu 17 November 2019, 12:34 WIB

Angin Kencang Bercampur Debu Kembali Melanda Batu, Warga Diimbau Waspada

Muhammad Aminudin - detikNews
Angin Kencang Bercampur Debu Kembali Melanda Batu, Warga Diimbau Waspada Angin kencang di Bumiaji Batu (Foto: Istimewa)
Batu - Angin kencang kembali melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Debu ikut beterbangan bersamaan dengan embusan angin kencang. Warga dan pengguna jalan diimbau waspada.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, angin kencang bukan saja melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji saja. Melainkan juga di dua desa lain. Yakni Desa Tulurejo dan Desa Sumbergondo.

"Namun, angin dengan membawa material debu hanya terjadi di Desa Sumberbrantas saja," ungkap Rochim kepada wartawan saat dikonfirmasi, Minggu (17/11/2019).

Dia mengaku hingga pukul 12.00 WIB angin masih berhembus cukup kencang. Namun, belum sampai dilakukan evakuasi, seperti pada bencana sebelumnya.


"Jika kecepatan angin sudah di atas 45 km/jam, maka kita akan keluarkan peringatan bahaya kepada masyarakat. Untuk saat ini belum ada evakuasi, warga diimbau untuk waspada," tegasnya.

Dia mengatakan, tim gabungan dari Pemkot Batu, TNI, Polri, Relawan sudah mempersiapkan tempat pengungsian di sejumlah tempat. Jika sewaktu-waktu harus dilakukan evakuasi.

"Sampai saat ini tim gabungan masih terus melaksanakan pemantauan situasi dan kondisi di lapangan. Dengan memperhatikan situasi terkini, sejumlah tempat telah disiapkan sebagai lokasi pengungsian yakni Balai Desa Tulungrejo, Punten, Sidomulyo, dan Sumbergondo, jika sewaktu-waktu ada rekomendasi evakuasi," pungkasnya.

Bencana angin kencang melanda wilayah Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (20/10/2019) lalu. Ribuan warga terpaksa harus mengungsi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com