detikNews
2019/11/15 08:46:31 WIB

Ini Alasan Dua Kontraktor Kurangi Kualitas Bahan Hingga SDN Gentong Ambruk

Hilda Meilisa - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ini Alasan Dua Kontraktor Kurangi Kualitas Bahan Hingga SDN Gentong Ambruk SDN Gentong ambruk (Foto file: Muhajir Arifin/detikcom)
Surabaya - Polisi mengungkap alasan dua tersangka kontraktor yang membangun SDN Gentong Pasuruan mengurangi kualitas bahan. Dan itu menyebabkan atap sekolah tersebut ambruk hingga menelan dua korban meninggal dan 11 lainnya luka.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan kedua tersangka memang sengaja mengurangi kualitas bahan agar mendapatkan keuntungan lebih banyak.

"Orang mengurangi volume baik kuantitas maupun kualitas dalam suatu pekerjaan apalagi materialnya adalah menyisakan keuntungan margin yang lebih," kata Barung saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (15/11/2019).


Tak hanya itu, Barung memaparkan jika kedua tersangka berinisial DM dan SE ini sengaja mengganti besi berkualitas bagus seperti yang dianggarkan, dengan besi kualitas buruk atau besi banci.

"Apa yang didapat? Misalnya bahan besinya seperti yang disampaikan Direskrimum adalah besi banci. Itu besi yang kelas 3 Ataupun kelas 2. Yang tidak digunakan untuk kepentingan proyek, kepentingan publik. Tetapi ini kepentingan publik dikurangi untuk besi yang namanya besi banci," papar Barung.



Kemen PUPR Proaktif Tangani Sekolah Ambruk:


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com