detikNews
2019/11/14 11:08:22 WIB

Pemprov Tegaskan Tidak Ada 'Desa Hantu' di Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemprov Tegaskan Tidak Ada Desa Hantu di Jatim Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jatim Mochammad Yasin/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Pemprov Jatim menegaskan tidak ada desa fiktif atau desa hantu di daerahnya. Isu ini mencuat saat Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap ada beberapa desa fiktif tak berpenduduk yang sengaja didaftarkan untuk mendapatkan dana desa dari pemerintah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jatim Mochammad Yasin menegaskan, tidak ada desa fiktif penerima dana desa di Jawa Timur. Bahkan, sejak dikucurkannya dana desa pada 2014, jumlah desa di Jatim masih sama, yakni 7.724 desa.

"Kalau untuk di Jawa Timur tidak ada yang namanya desa fiktif penerima dana desa. Misalnya karena ada dana desa terus desanya bertambah, untuk Jawa Timur gak ada. Kita gak ada penambahan desa semenjak dana desa dikucurkan," ujar Yasin di Surabaya, Kamis (14/11/2019).


Selain itu, Yasin menyebut transparansi penggunaan desa di Jatim juga cukup baik. Hal ini terbukti dari minimnya temuan terkait penyelewengan dana desa.

Kendati demikian, Yasin mengakui sempat ada temuan penyelewengan dana desa oleh BPK. Namun dia menyebut jumlahnya tidak banyak.

"Ada (temuan penyelewengan) tapi sangat kecil sekali. Saya datanya lupa tapi sangat kecil sekali. Pernah ada temuan BPK sampai Rp 800 juta. Tapi ya kita lakukan pembinaan sampai dia bisa kembalikan, kalau tidak bisa kembalikan ya silahkan dipidana," imbuh Yasin.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com