detikNews
2019/11/12 19:27:38 WIB

Bandeng 7,66 Kg Juarai Festival Perayaan Maulid Nabi di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bandeng 7,66 Kg Juarai Festival Perayaan Maulid Nabi di Sidoarjo Bandeng seberat 7,66 kg/Foto: Suparno
Sidoarjo - Bandeng seberat 7,66 kg menjadi jawara dalam Festival Bandeng Kawak Sidoarjo. Bandeng milik Mohammad Sanaji itu memiliki panjang 85,5 cm dan lebar 22 cm.

Festival Bandeng Kawak Sidoarjo digelar rutin setiap tahun oleh Dinas Perikanan Sidoarjo. Yakni dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Menurut Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, bandeng yang mengikuti festival harus asli Sidoarjo. Setiap peserta harus menyerahkan bandeng yang akan dilombakan dua hari sebelum festival.

"Semua peserta Bandeng Kawak ini harus bandeng budidaya asli Sidoarjo," kata Saiful kepada wartawan di kantor Dinas Perikanan, Selasa (12/11/2019).


Saiful juga membenarkan, festival tersebut merupakan rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kontes rutin digelar dengan harapan memberikan motivasi kepada para petambak bandeng di Sidoarjo.

"Bandeng kawak susah untuk di budidaya, prosesnya sangat rumit harus perlu ketelatenan. Siapa pun yang menjadi juara harus diapresiasi, karena kontes bandeng kawak itu merupakan tradisi masyarakat Sidoarjo," tambah Saiful.

Lelang Bandeng Kawak juga menjadi tradisi di Sidoarjo. Rutin digelar di Kota Delta yang dikenal sebagai daerah penghasil bandeng dan udang.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com