Gudang Bahan Bangunan di Surabaya Terbakar, Terdengar Ledakan Berkali-kali

Gudang Bahan Bangunan di Surabaya Terbakar, Terdengar Ledakan Berkali-kali

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 21:08 WIB
Api masih membara di dalam gudang (Foto: Amir Baihaqi)
Api masih membara di dalam gudang (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Sebuah gudang penyimpanan bahan bangunan terbakar hebat di Surabaya. Puluhan mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan api yang masih melalap isi gudang.

Pantauan detikcom, gudang yang terletak di Jalan Praban Wetan nomor 5 itu masih terus mengeluarkan asap pekat hitam yang membumbung. Sedangkan suara ledakan sahut-menyahut terdengar jelas dari luar gudang.

"Kejadiannya tadi sekitar pukul 17.30 WIB. Sampai sekarang apinya masih menyala dari di dalam," kata Daniel, salah satu kerabat pemilik gudang kepada detikcom di lokasi, Senin (11/11/2019).


"Isinya gak ada yang bahan kimia yang mudah terbakar. Hanya bahan-bahan bangunan seperti kunci, kuas, paku ada juga cat cuma sedikit. Pemilik gudang ini Toko Maju pemiliknya Bu Heni masih kerabat saya," tambah Daniel.

Untuk dugaan penyebabnya, terang Daniel, ia belum bisa memastikannya. Ia juga belum berani menduga jika api diduga berasal dari korsleting listrik. Saat terbakar, gudang juga dalam keadaaan kosong.

"Saya belum tahu. Tapi kalau (korsleting) selama ini memang sangat disiplin soal listrik. Jadi, setiap habis kerja pasti dimatikan semua. Bahkan untuk listrik ada karyawan khusus sendiri yang menyalakan dan mematikan listriknya," terang Daniel.

Foto: Amir Baihaqi


Akibat kebakaran tersebut, aliran listrik di daerah setempat harus dimatikan. Selain itu, akses menuju Jalan Gemblongan ke arah Jalan Tunjungan juga ditutup total.

Penutupan jalan dilakukan agar puluhan mobil damkar bisa leluasa keluar masuk menyuplai air. Selain itu, sebuah bronto skylift juga tampak terparkir dan terus menyiram air dari atas ke gudang yang terbakar. (iwd/iwd)