detikNews
Sabtu 09 November 2019, 20:35 WIB

Menko Muhadjir: Kalau Dikerjakan dengan Benar, Atap SDN Gentong Nggak Ambruk

Muhajir Arifin - detikNews
Menko Muhadjir: Kalau Dikerjakan dengan Benar, Atap SDN Gentong Nggak Ambruk Menko Muhadjir saat di SDN Gentong (Foto: Muhajir Arifin/File)
FOKUS BERITA: SD di Pasuruan Ambruk
Pasuruan - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyayangkan tragedi ambruknya atap gedung SDN Gentong, Pasuruan. Menurut Muhadjir peristiwa yang menyebabkan dua nyawa melayang itu seharusnya tak terjadi jika pembangungan dilaksanakan dengan benar.

"Atap gedung yang ambruk dibangun dari bantuan rehab Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sifatnya swakelola tahun 2012. Jadi mustinya untuk usia bangunan kurang dari 10 tahun mestinya masih sangat kuat kalau seandainya dulu dibangun dengan baik," kata Muhadjir usai mengecek gedung yang ambruk di SDN Gentong, Jalan Kyai Sepuh 49, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Sabtu (9/11/2019).

Muhadjir tak mengetahui detil mekanisme pembangunan atap gedung yang ambruk tersebut. Menurut dia, saat ini pembangunan gedung swakelola jauh lebih baik.


"Karena ini 2012, saya nggak tahu. Untuk yang sekarang menurut saya sudah sesuai dengan standar, sesuai yang direncanakan apalagi ada standar kebencanaan juga," tandasnya.

Saat ini, pembangunan gedung baru maupun rehab dengan sistem swakelola diawasi dengan ketat. Pengawasnya dari lembaga independen dari SMK jurusan konstruksi atau dari perguruan tinggi yang punya jurusan teknik bangunan dan juga terakreditasi.


"Untuk yang sekarang menurut saya sudah sesuai dengan standar, sesuai yang direncanakan apalagi ada standar kebencanaan juga," tandasnya.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR segera membangun gedung sekolah darurat untuk siswa SDN Gentong. Jika Pemkot sudah menyiapkan lahan, sekolah darurat segera dibangun dan bisa diselesaikan dalam waktu tiga bulan.
(iwd/iwd)
FOKUS BERITA: SD di Pasuruan Ambruk
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +