detikNews
Sabtu 09 November 2019, 15:57 WIB

20% RAPBD Surabaya untuk Pendidikan, Pemkot Beri Beasiswa S1 hingga S2

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
20% RAPBD Surabaya untuk Pendidikan, Pemkot Beri Beasiswa S1 hingga S2 Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Rancangan APBD Surabaya tahun anggaran 2020 akan disahkan besok, bertepatan dengan Hari Pahlawan. RAPBD ini telah rampung disusun pada Jumat (8/11) malam.

Diketahui, RAPBD Kota Surabaya tahun anggaran 2020 akan disahkan dengan nilai final Rp 10,3 triliun. Sementara, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 5,5 triliun. Anggaran ini pun terbanyak untuk anggaran pendidikan sebesar 20%. Sedangkan anggaran kesehatan mencapai 10%.

Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana mengatakan anggaran pendidikan memang dirancang terbesar karena ada beberapa tambahan beasiswa S1 hingga S2.

"Kalau pendidikan kan kita tambah masalah beasiswa itu sampai kuliah dan S2. Jadi selain kita gratis sampai SMP, juga SMA yang tidak mampu itu kita biayai," kata Wisnu ditemui di Taman Bungkul Surabaya, Sabtu (9/11/2019).


Selain itu, Wisnu menyebut Pemkot Surabaya memiliki anggaran untuk beasiswa bagi masyarakat yang berkuliah di bidang kedokteran.

"Nanti juga ada beasiswa untuk beasiswa S1 kedokteran khusus sendiri. Jatahnya akan kita tambah yang S1, yang lain di luar kedokteran sama S2 juga akan kita berikan beasiswa," imbuhnya.

Tak hanya itu, Wisnu mengatakan dalam RAPBD juga telah dianggarkan dana untuk membenahi akses ke Gelora Bung Tomo Surabaya. Sebelumnya, GBT masuk dalam 10 stadion yang digadang akan dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Sebetulnya kita juga akan bicara JLBB, akses ke GBT harus kita tuntaskan cepat. Lebih kepada infrastruktur juga," lanjut Wisnu.


Di kesempatan yang sama, Wisnu menyebut RAPBD ini juga berfokus pada pengembangan Sumber Daya Masyarakat (SDM).

"Kalau SDM tetap kita tingkatkan bagaimana lapang kerja, job fair kita kembangkan lagi agar lebih banyak peluang pelatihan kerja. Kita juga akan membuat distro-distro itu kita kembangkan dan lebih banyak kepada produk lokal yang akan kita tonjolkan," pungkas Wisnu.
(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com