detikNews
Sabtu 09 November 2019, 11:47 WIB

Ditemukan Tulisan MFB 6 di Lambung Perahu Baja, Apa Artinya?

Eko Sudjarwo - detikNews
Ditemukan Tulisan MFB 6 di Lambung Perahu Baja, Apa Artinya? Tulisan MFB 6 yang ditemukan di lambung kapal (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Proses konservasi terhadap perahu baja yang masih berlangsung. Saat konservasi berlangsung, tim menemukan sesuatu yang baru. Tim konservasi menemukan adanya tulisan MFB 6 di lambung perahu baja pertama.

Kepala Disparbud Lamongan Ismunawan membenarkan kalau pihaknya menemukan hal baru selama proses konservasi yang masih berlangsung hingga saat ini.

"Kami menemukan ada tulisan huruf besar, yaitu MFB 6 di lambung perahu," kata Ismunawan pada wartawan, Sabtu (9/11/2019).


Dikatakan oleh Ismunawan, tulisan MFB 6 itu berada di lambung perahu baja dan posisi tulisan tersebut berada di ujung perahu. Pihaknya, kata Ismunawan, belum mengetahui arti dari tulisan yang terpahat di lambung perahu itu karena memang baru ditemukan saat proses konservasi.

"Kami belum tahu artinya, kami akan laporkan temuan ini ke BPCB Trowulan Jatim," terangnya.

Sementara, arkeolog BPCB Trowulan Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho juga belum mengetahui temuan tulisan di lambung perahu yang diperkirakan berbobot hampir 2 ton itu. Wicaksono mengaku, ada beberapa tim yang terlibat selama pengangkatan perahu baja ini dari dasar Bengawan solo, yaitu tim ekskavasi dan tim konservasi.

Ditemukan Tulisan MFB 6 di Lambung Perahu Baja, Apa Artinya?Foto: Eko Sudjarwo


"Nanti akan kami cek, karena pelaksanaan konservasi memang beda tim dengan saat ekskavasi," ujarnya.

Untuk diketahui, dua dari tiga buah perahu baja yang berada di dasar Bengawan Solo telah berhasil diangkat dan diserahterimakan kepada Pemkab Lamongan. Satu perahu lainnya saat ini dalam proses pengangkatan dari Bengawan Solo dan diperkirakan membutuhkan waktu yang lebih lama karena posisi perahu yang menukik ke dasar sungai.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com