detikNews
Jumat 08 November 2019, 21:50 WIB

800 Pedagang Jadi Korban Kebakaran Pasar Ngunut Tulungagung

Adhar Muttaqin - detikNews
800 Pedagang Jadi Korban Kebakaran Pasar Ngunut Tulungagung Api berkobar membakar Pasar Ngunut Tulungagung (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Kebakaran besar yang meludeskan Pasar Ngunut Tulungagung berdampak terhadap 800 pedagang. Sementara itu sejumlah mobil pemadam masih berusaha melakukan upaya pemadaman.

"Seluruh pedagang yang berjualan di Pasar Ngunut ini ada sekitar 800 orang, baik besar dan pedagang kecil. Sedangkan kios dan lapak yang terbakar ada sekitar 70 persen, yang sisa di bagian barat," kata Bupati Tulungagung Maryoto, Jumat (8/11/2019).

Pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut, karena saat ini masih dalam proses penyelidikan aparat kepolisian. Namun kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.


Sedangkan terkait nasib para pedagang, pemerintah daerah akan membuat lapak semi permanen di sisi timur pasar untuk lokasi berjualan sementara para pedagaang.

"Yang pasti peristiwa kebakaran besar ini menjadi pemikiran pemerintah, kami akan berusaha menyediakan tempat sementara agar para pedagang bisa kembali berjualan," ujarnya.

Sementara saat ini delapan unit pemadam kebakaran dari Pemkab Tulungagung, Blitar, Kediri dan Trenggalek masih berusaha melakukan upaya pemadaman. Kondisi api mulai berangsur-angsur mengecil.


Sementara itu Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, mengaku akan segera melakukan proses penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran.

"Untuk saat ini tim Inafis masih belum bisa melakukan kegiatan, karena api masih menyala. Nanti kalau sudah padam baru mulai dilakukan olah TKP," kata Pandia.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com