detikNews
Jumat 08 November 2019, 20:21 WIB

Bagaimana Kondisi Buruh Tani yang Jatuh ke Mesin Pemanen Padi?

Sugeng Harianto - detikNews
Bagaimana Kondisi Buruh Tani yang Jatuh ke Mesin Pemanen Padi? Ketua RT setempat, Suyitno (54)/Foto: Sugeng Harianto
Ngawi - Buruh tani yang jatuh ke mesin pemanen padi mengalami sejumlah luka. Setelah dirawat sebentar di RSUD Ngawi, korban dirujuk ke rumah sakit yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

Peristiwa itu terjadi di Dusun Bayemkalang, Desa Keraswetan, Kecamatan Geneng, Ngawi pada Rabu (6/11) sekitar pukul 13.00 WIB. Ketua RT setempat Suyitno (54) mengaku tidak mengenal para buruh pemanen padi tersebut . Mereka merupakan warga Demak, Jateng yang sedang memanen padi milik Paimin (60), warga setempat.

"Mereka berempat memakai mesin pemanen padi jenis combine Yanmar 850. Terdiri satu pengemudi, dua orang bagian mengangkat karung yang sudah terisi padi. Kemudian satu kernet bagian duduk di atas menerima dan mengamankan karung yang sudah berisi padi hasil," kata Suyitno kepada detikcom di lokasi, Jumat (8/11/2019).


Detikcom kemudian mendatangi IGD RSUD dr Soeroto, Ngawi. Pihak rumah sakit menyampaikan, korban yang mengalami kecelakaan bernama Parni Somo (50). Ia merupakan warga Kelurahan Mijen, Kecamatan Kebonagung, Demak.

Saat masuk IGD, korban sempat lemas dan berlumur darah di wajah dan kepala. "Jadi memang benar kemarin Rabu (6/11) sore ada pasien yang hanya sebentar. Infonya kecelakaan kerja jatuh dari atas traktor pemanen padi masuk ke mesin," ujar humas RSUD dr Soeroto Ngawi, dr Indah kepada detikcom.


Korban, kata Indah, tidak genap satu hari dirawat di Ngawi. Korban minta dirujuk ke RSUD Purwodadi, Jateng karena lebih dekat dengan rumahnya.
Korban mengalami luka di kelopak mata serta cedera di kepala. "Hanya sebentar karena permintaan pasien agar perawatan dekat dengan keluarga," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Parni mengalami kecelakaan kerja. Ia terjungkal ke bagian depan mesin dan masuk ke rangkaian perontok padi seperti yang terekam dalam video viral.


Simak juga video "Siswi SMP di Ponorogo Bikin Robot Orak-arik Pengering Padi" :

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com