detikNews
Senin 04 November 2019, 15:12 WIB

Ratusan Pelajar di Malang dan Batu Diajarkan Pemahaman Pajak

Titania Dewanti - detikNews
Ratusan Pelajar di Malang dan Batu Diajarkan Pemahaman Pajak Pelajar SD dapat pelajaran soal pajak (Foto: Titania Dewanti-detikcom)
Surabaya - Pelajar SDN Ngaglik 02 Kota Batu, Jatim mendapat pemahaman soal pajak. Pemahaman ini diberikan 22 relawan Direktorat Jendral Pajak (DJP) kemenkeu ke pelajar kelas IV, V dan VI.

Aksi ini dilakukan untuk memperingati Hari Oeang ke-73. Selain SDN Ngaglik 02, pemahaman pajak juga diberikan ke 13 SDN Malang Raya. Meliputi Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang.

Sementara di Malang Raya ada 220 relawan. Sedangkan di seluruh Indonesia ada sekitar 3.700 relawan yang tersebar di 29 provinsi 60 kota dan kabupaten.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Barat I Neilmaldrin Noor mengatakan program mengajar soal pajak pada anak SD itu diharapkan bisa mengenal fungsi, tujuan dan arti penting pajak.

"Kemenkeu mengajar dengan tema, Berbagi pada Anak Bangsa, Menginspirasi hingga Penjuru Negeri Menyambut Kemeriahan Hari Oeang RI 2019. Hal ini diharapkan mereka mempunyai satu pemikiran suatu pengetahuan satu ajaran kepedulian terkait dengan hal-hal urusan bangsa dan Negara," kata Neilmaldrin Noor saat ditemui di lokasi Jalan Ikhwan Hadi, Senin (4/11/2019),


Neil berharap bahwa mereka nantinya akan punya satu kebanggaan satu keinginan untuk mereka mempunyai cita-cita yang luhur. Apapun itu semoga menjadi cita-cita yang luhur dan membanggakan. Tidak hanya kepada orang tuanya tetapi untuk bangsa dan tanah air.

Dia menjelaskan bahwa pengenalan terkait pajak, Kemenkeu mengajar di 14 SD Se-Malang Raya yakni SDN Percobaan 1, SDN Kesatrian 1, SDN Tunjungsekar 5, SDN Pandanwangi 2, SDN Madyopuro 3, SDN Kebonsari 2, SDN Purwodadi 4, SDN Sukoharjo 1, SDN Pagentan 1, SDN Pagentan 5, SDN Banjararum 2, SDN Sisir 1, SDN Sisir 3 dan SDN Ngaglik 2.

Kepala SDN Ngaglik 02 Kota Batu, Nur Syamsul Ma'arif l menyambut positif, karena siswa mendapat ilmu baru yang belum pernah dimiliki.

"Terkait dengan kemenkeu dengan 4 tema ini, kami sangat memberikan penghargaan, respon yang bagus kepada tim dari Kemenkeu, dan trimakasih sekolah kami terpilih sebagai kegiatan mengajar di SD Kami," jelasnya.

Nur mengatakan kegiatan tersebut juga memberikan ilmu tentang ketatanegaraan, perpajakan dan keuangan. Dengan itu, para siswa bisa memiliki ilmu baru yang inovatif dan kreatif.





Tonton juga video Eksistensi Listrik Jadi Bukti Nyata Bergantungnya Siswa SMK Nunukan"

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com