Viral Tarif Parkir Rp 300 Ribu di Bandara Abdulrachman Saleh Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 02 Nov 2019 14:01 WIB
Postingan yang viral (Foto: dok. Istimewa)
Postingan yang viral (Foto: dok. Istimewa)
Malang - Tarif parkir Bandara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, menjadi perbincangan karena dinilai tak wajar. Tarif parkir bus untuk satu jam pertama mencapai Rp 300 ribu.

Akun Facebook A Tri Sudarmaji adalah yang kali pertama mem-posting mahalnya tarif parkir di Bandara Abdulrachman Saleh. Sejak di-posting pada Jumat (1/11) pukul 09.22 WIB, sudah banyak warganet yang menanggapi posting-an tersebut.

"Kejadian tadi pagi di bandara abd saleh malang, dan ini mengatasnamakan koperasi AU Abd.Saleh. Untuk diteruskan ke seluruh instrumen wisata se Malang Raya, Mohon ijin melaporkan: pagi ini rekan Kami saudara Arie Priambodo telah dikenakan tarif parkir penjemputan bandara Abd. Saleh Malang dan PO diminta bikin permohonan pengambilan penumpang. Surat permohonan pengambilan penumpang dari PO Bus ditujukan ke koperasi Garuda Bandara Abd.Saleh .Tarif parkir per 1 November 2019 : 1 jam pertama bus 300.000, elf/hiace 150.000, jeep 100.000. Mohon sarannya lur...," tulis A Tri Sudarmadji seperti dibaca detikcom, Sabtu (2/11/2019).

Kuitansi tarif parkir bus Rp 300 ribuKuitansi tarif parkir bus Rp 300 ribu (Foto: dok. Istimewa)


Tri tidak hanya menjelaskan kronologi penarikan tarif parkir yang tak lazim di bandara di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, itu. Ia juga mengunggah beberapa foto terkait fakta-fakta pemberlakuan tarif tersebut. Termasuk selembar kertas atau kuitansi pembayaran untuk parkir bus pariwisata yang diterbitkan oleh Koperasi Lanud Abdulrachman Saleh.

Dalam foto yang diunggah, pengumuman yang ditempel pada jendela kaca tertera 'Tarif Parkir Khusus':

1. Bus Pariwisata - Jam pertama Rp 300 ribu dan selanjutnya per jam Rp 50 ribu

2. Bus Mini - Jam pertama Rp 200 ribu dan selanjutnya per jam Rp 50 ribu

3. Elf/Hiace - Jam pertama Rp 150 ribu dan selanjutnya per jam Rp 25 ribu

4. Mobil/Jeep - Jam pertama Rp 100 ribu dan selanjutnya per jam Rp 25 ribu

Menanggapi hal itu, banyak warganet yang spontan menyampaikan kritikannya. Ada juga yang memberikan saran terkait persoalan itu.

Di tengah riuh ratusan komentar, salah satu akun mem-posting bahwa pemberlakuan tarif parkir telah diubah. "Ndek ganti maneh lur (sudah diganti lagi saudara)," ketik akun Depie seraya mem-posting foto lembaran kertas penggantian parkir.


Posting-an Depie langsung ditimpali A Tri Sudarmadji, yang tegas menyatakan bahwa informasi itu benar. "Betul... sudah diubah mendadak," katanya.

Kapentak Lanud Abdulrachman Saleh Letkol (sus) Dodo Agusprio membenarkan parkir di Bandara Abdulrachman Saleh dikelola oleh Koperasi Lanud Abdulrachman Saleh. Tetapi untuk pemberlakuan tarif yang ramai di media sosial tersebut, akan ada penjelasan dari pihak terkait.

"Iya, parkir memang dikelola oleh Koperasi Lanud Abdulrachman Saleh, tetapi soal yang ramai itu, akan ada penjelasan dari pihak koperasi. Silakan langsung menghubungi biar jelas," ujar Dodo saat dimintai konfirmasi. (sun/bdh)