Kemarau Akibatkan Bengawan Solo Kering Kerontang, Ini Penampakannya

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 15:33 WIB
Permukaan Bengawan Solo yang kering digunakan bermain voli (Foto: Ainur Rofiq)

Kemarau Akibatkan Bengawan Solo Kering Kerontang, Ini PenampakannyaFoto: Ainur Rofiq

Menurut beberapa warga lainnya, kondisi Bengawan Solo yang kering kerontang ini telah terjadi sekitar sepekan lamanya. Keringnya Bengawan Solo dikarenakan masa cuaca kemarau yang dinilai lebih panjang.

" Memang ada beberapa titik yang airnya hanya di cekungan. Kalau paling parah keringnya di bawahnya bendungan babad Baragge. Di bawah sana sungainya malah sudah banyak yang kering," ujar Kepala Sub Divisi Jasa Air Sumber Air III/3 Perum Jasa Tirta I, Anang kepada detikcom, Jumat (1/11/2019).

Anang mengatakan saat ini bendung gerak yang berada di Desa Ngringinrejo Kalitidu Bojonegoro hanya dibuka satu pintu karena kondisi debet ait di hulu yang juga sudah menurun.


"Dibuka 1 pintu dengan debit terkini 5,42 m3/detik. Elevasi hulu + 9,78 m SHVP," kata Anang.

Kering dan menurunnya jumlah debit air Bengawan Solo di Bojonegoro selain karena kemarau, juga dikarenakan banyaknya di bantaran Bengawan Solo pompa air untuk persawahan yang tidak berizin. Sehingga ini juga mempercepat penurunan debit air di saat musim kemarau.

"Jadi selama ini pernah kita lakukan sidak di sepanjang aliran Bengawan Solo. Banyak sekali pompa areal persawahan yang dimiliki petani menggunakan air bengawan. Tetapi mereka tidak mau izin atau memberitahu kita. Padahal jika para petani melapor, pihak jasa tirta bisa mempunyai data untuk menentukan persedian air saat musim kemarau," tandas Anang.
Halaman

(fat/iwd)