detikNews
Kamis 24 Oktober 2019, 10:48 WIB

Fasilitas Umum di Kawah Wurung Rusak Terimbas Badai dan Kebakaran Ijen

Chuk S. Widarsha - detikNews
Fasilitas Umum di Kawah Wurung Rusak Terimbas Badai dan Kebakaran Ijen Sebagian sarana dan prasaran Kawah Wurung rusak/Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Kebakaran hutan disertai badai terjadi di Pegunungan Ijen beberapa waktu lalu. Akibatnya, sejumlah fasilitas umum di kawasan Kawah Wurung, Bondowoso, yang tak jauh dari Ijen ikut terdampak.

Kendati rusaknya sejumlah bangunan bukan karena terbakar. Namun karena embusan badai yang begitu kuat. Sejumlah fasilitas yang rusak antara lain, shelter peristirahatan, gardu pandang, serta beberapa sarana dan prasarana lainnya.

"Untuk Kawah Wurung, kami masih melakukan pendataan kerusakan sarprasnya," kata Kepala Dinas Parpora Bondowoso, Harry Patriantono, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (24/10/2019).

Menurutnya, kejadian kebakaran dan angin kencang yang terjadi di pegunungan Ijen beberapa hari lalu juga berdampak ke Kawah Wurung. Sejumlah fasilitas, sarana dan prasarana rusak parah dan ambruk.

Setelah dilakukan pendataan, tambah Harry, pembenahan akan dilakukan secepatnya. Termasuk infrastruktur menuju Kawah Ijen. Apalagi, tak lama lagi akan datang masa akhir tahun yang biasanya terjadi kunjungan wisatawan.

"Akses ke kawah ijen melalui jalur bondowoso memang banyak pohon tumbang menutup jalan. Tapi sudah berhasil kami atasi," tandas Harry Patriantono.

Untuk diketahui, kebakaran hebat menimpa Pegunungan Ijen dan sekitarnya pada Sabtu dan Minggu beberapa hari lalu. Selain menghanguskan hutan di pegunungan yang terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, si jago merah juga menyasar sejumlah fasilitas yang ada di Pos Paltuding.

Tak hanya itu. Dalam waktu bersamaan juga terjadi badai cukup besar. Akibatnya, tiang listrik dan pohon juga bertumbangan menutupi infrastruktur menuju Kawah Ijen melalui Bondowoso.

Bahkan, tiupan angin kencang tersebut juga melanda kawasan wisata Kawah Wurung, Bondowoso. Tak ayal, sejumlah fasilitas di tempat tersebut juga ambruk, kendati tak sampai terjadi kebakaran.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com